Berdasarkan Perda Kota Padang nomor 05/PD/1974 tanggal 30 Desember 1974 Lahirlah Perusahaan Daerah Air Minum Tingkat II Kota Padang, yang Saat ini kita kenal sebagai PDAM KOTA PADANG. Pada 30 Desember 2016 Perusahaan Daerah Air Minum Milik Kota Padang tengah memperingati hari jadinya yang ke 42 tahun.



ExposSumbar,PADANG  -- Peringatan HUT PDAM Kota Padang ke 42 diisi dengan berbagai kegiatan sosial antara lain jalan sehat bersama keluarga besar PDAM Kota Padang, donor darah, hiburan dan doorprize, yang dilaksanakan pada puncak acara Sabtu (31/12).

HUT PDAM ke 42 ini dimulai dengan kegiatan jalan sehat dibuka langsung Wali Kota Padang, H.Mahyeldi Ansharullah didampingi Wakil Wali Kota Padang, Emzalmi, Ketua Komisi III DPRD Padang Helmi Moesim bersama Direktur Utama PDAM, Ir.Muswendry Evytes, Direktur Umum Hendra Pebrizal, Forkopimda Kota Padang serta undangan lainnya.

Sebelumnya jelang memperingati HUT ke 42 tahun 2016, PDAM Kota Padang juga mengadakan pertandingan futsal, badminton, tenis meja, MTQ, volly ball, takraw, tarik tambang dan vokal.


Direktur Utama PDAM Padang Muswendry Evyet dalam sambutannya didampingi Direktur Umum Hendra Pebrizal, dan Direktur Teknik Andri Satria mengatakan, "kegiatan yang telah dilakukan PDAM Kota Padang memberikan air bersih gratis pada bulan Ramadhan lalu. Ada sekitar 440 masjid dan mushalla yang terdapat di Kota Padang yang selama ini menjadi pelanggan PDAM, "ujarnya.

Menurutnya program ini merupakan program tahunan yang dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian PDAM terhadap masyarakat kota Padang yang sedang melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan. Mereka berharap dengan pelayanan tersebut, masyarakat bisa melaksanakan ibadahnya dengan baik.

Program ini juga diharapkan dapat membantu meringankan beban pengurus Masjid/Mushalla dalam hal beban biaya pemakaian air PDAM. “Kami berharap agar air PDAM tersebut dapat bermanfaat bagi jamaah Mesjid/Mushalla,” tambah Muswendry.

Sementara itu, cuaca dengan curah tinggi sejak Kamis kemarin rentan menyebabkan gangguan di intake PDAM. Untuk itu, Dirut PDAM menambahkan, pelanggan diimbau selalu menyediakan ketersediaan air bersih di rumah masing – masing.

“Hal ini untuk mengantisipasi jika sewaktu – waktu terjadinya gangguan pelayanan kami tanpa pemberitahuan sebelumnya. Namun jika adanya gangguan pelayanan PDAM, kami akan supply dengan air tangki sebagai bentuk kompensasi pelayanan kami pada pelanggan dan ini tidak dipungut biaya atau gratis,” ujarnya.

Lebihlanjut disampaikan, kegiatan Gebyar Pelanggan ini sebagai bentuk apresiasi, rasa syukur dan ucapan terima kasih PDAM kepada pelanggan yang telah setia untuk membayar tagihan air PDAM khususnya yang rutin melakukan pembayaran setiap tanggal 1 setiap bulannnya.


Ia berharap semoga PDAM Kota Padang dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan. Namun jika ada hal – hal yang kurang dalam pelayanan PDAM, kami atas nama Direksi mohon maaf pada pelanggan dan kami akan terus melakukan evaluasi dan koreksi untuk pembenahan pelayanan kami ke depannya,” ungkap Muswendry.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah dalam kesempatan itu menjelaskan ,bahwa Pemerintah mempunyai target seratus persen dalam memberikan
pelayanan air bersih untuk masyarakat untuk daerah pinggiran agar kebutuhan masyarakat  bisa terpenuhi pada tahun 2017.

Dalam mengatasi persoalan tersebut pemerintah sudah berupaya melalui program SPAM dan Pamsimas, "jelas Wali Kota Padang, "ujar Wali Kota Padang.

Lebihlanjut dikatakan, jika Intake yang baru sudah beropaerasi, PDAM Kota Padang akan menyuplai air bersih 100 liter per detik untuk masyarakat Kota Padang.


Pada HUT PDAM ke 42 ini juga dibanjiri hadiah untuk para pelanggan. Dua orang pelanggan PDAM Padang pada kesempatan itu memperoleh hadiah utama dari Bank Nagari dan Mandiri Inhealt ,masing- masing satu unit sepeda motor Yamaha Mio.Dua pelanggan itu adalah Warga Jalan Sudarce Jalan Minahasa 2 No 14 Padang dan Zul Fauzi Jalan Gn Marapi Gn Pangilun Padang.(BI/***).
 
Top