Wakil Walikota Padang Emzalmi didampingi Kakan Kesbangpol, Eri Sendjaya menyerahkan bahan materi Sosialisasi Pendidikan Politik bagi Generasi Muda, kepada salah seorang peserta
Wakil Walikota Padang Emzalmi didampingi Kakan Kesbangpol, Eri Sendjaya menyerahkan bahan materi Sosialisasi Pendidikan Politik bagi Generasi Muda kepada salah seorang peserta
ExposSumbar, Padang.- Pemerintah Kota Padang (Pemko ) melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar Sosialisasi tentang pendidikan politik bagi generasi muda dengan diikuti sebanyak 150 peserta. Terdiri dari berbagai organisasi masyarakat (ormas) kepemudaan dan mahasiswa se-Kota Padang, diadakan di Aula Bagindo Aziz Chan Balaikota, pada Kamis (1/12) .

Kegiatan yang dibuka Wakil Walikota (Wawako) Padang, H. Emzalmi Wawako dalam kesempatan itu menyampaikan, sebagaimana diketahui kegiatan-kegiatan pembangunan bagi masyarakat tidak saja hanya berkaitan dengan pembangunan fisik, ekonomi dan sosial budaya. Juga tak kalah penting pendidikan dalam berpolitik.

“Sebagaimana undang-undang (UU) di negeri ini mengatur, untuk bisa memilih pemimpin mulai dari kabupaten/kota, provinsi sampai nasional dengan melibatkan masyarakat. Jadi, hak-hak politik masyarakat sangat dihargai di negeri ini. Sehingga tugas pemerintah bagaimana memberikan pemahaman-pemahaman, pencerahan dan meningkatkan kesadaran politik khususnya bagi generasi muda melalui sosialisasi kali ini,” terangnya.

Emzalmi berharap, agar dalam kegiatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) atau pemilihan legislatif (Pileg), masyarakat tidak menganggapnya berupa kegiatan seremonial saja. Ada tujuan lebih jauh dari itu, dimana satu suara menentukan terhadap hasil dan nilai kepemimpinan ke depan. Masyarakat tidak saja mempunyai hak sebagai pemilih, namun suatu saat juga bisa mendapati hak untuk dipilih.

“Apalagi bagi generasi muda saat ini, ia akan menjadi generasi penerus sebagai pemimpin bangsa ini ke depan. Maka itu kita tentu berharap, proses pelaksanaan politik di negeri ini terus berjalan dengan baik, kondusif dan sesuai ketentuan perundang-undangan. Apalagi pada 2018 nanti Padang akan mengadakan Pilkada,” tukasnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kantor (Kakan) Kesbangpol (Kesbangpol) Kota Padang, Eri Sendjaya menyebutkan, sosialisasi tersebut dalam rangka meningkatkan pemahaman generasi muda dalam pelaksanaan proses politik yang terjadi, dalam hal ini proses Pilkada.

"Semoga melalui sosialisasi ini, masing-masing peserta akan paham tentang metode, langkah dan cara berpolitik yang benar. Sehingga, memiliki kesimpulan dan kesiapan dalam menentukan sikap, serta memiliki antisipasi agar tidak masuk dalam pusaran politik peserta Pilkada,”ujarnya.

Setelah sosialisasi ini, diharapkan para peserta dapat melanjutkan kegiatan yang sama ke depannya. Sehingga ilmu dan pemahaman yang didapat selama mengikuti sosialisasi dapat dibagi atau disosialisasikan.

"Melalui keterlibatan mahasiswa dan ormas kepemudaan se-Kota Padang ini, semoga secara keseluruhan kita akan memiliki konsep yang sama tentang berpolitik sesuai marwahnya demokrasi," ungkapnya.

Adapun selaku nara sumber pada sosialisasi tersebut diantaranya, DR. Asrinaldi, M.Si selaku Akademisi Unand, lalu Ketua KPU Padang, Drs. H. M. Sawati, M.Si, Osman Ayub, SE Ketua Komisi I DPRD Padang dan Kakan Kesbangpol Eri Sendjaya S.Sos, M.Si. **Arman/dv
 
Top