ExposSumbur,PADANG -- Tahun Baru Imlek atau yang disebut Sin cia oleh masyarakat Tionghoa yang berbahasa Hokkian dan Tiu chiu, di tahun 2017 ini merupakan perayaan Tahun Baru Imlek (Sin Cia) ke-2568. Tahun baru Imlek kali jatuh pada hari Sabtu 28 Januari 2017.

Ketua Kelenteng See Hin Kiong David Chandra (Tan Kim Siong)  mengatakan, "perayaan Imlek merupakan salah bentuk menyambut pergantian tahun baru bagi masyarakat Tionghoa. Bertepatan pada pukul 00.00 WIB umat yang merayakan Imlek akan lakukan sembahyang, baik dirumah secara pribadi, perkumpulan serta di Kelenteng, "ujarnya, Jum'at(27/1) malam, dari Kelenteng See Hin Kiong, Jalan Kelenteng No.312, Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatra Barat.

"Tadi kita lihat ada pertunjukkan Naga dan Lion dari perkumpulan Marga Lim yang mana hal tersebut merupakan suatu bentuk penghormatan pada Dewa dan Dewi, " sebutnya.

Lebihlanjut dikatakan, ada beberapa ritual keagamaan yang dilakukan pada setiap perayaan Tahun Baru imlek (Sin Cia). Ritual keagamaan tersebut terdiri dari beberapa macam dan sudah menjadi tradisi yang tidak terpisahkan umat Ru Jiao (agama Khonghucu) maupun masyarakat Tionghoa lainnya.

Hari pertama Tahun Baru Imlek atau Sin Cia yaitu Cia Gwee Ce It (dialek Hokkian) artinya tanggal 1 bulan 1 dalam penanggalan Imlek. Pada hari itu, kepala keluarga memimpin persembahyangan yang didahulukan melakukan sujud hormat ke hadapan Shang Di, kemudian dilakukan sembahyang penghormatan kepada leluhur dengan melakukan pai kui (memberi hormat sambil berlutut) sebanyak tiga kali.

Dupa/Hio dibakar sehingga harum dupa menyebar ke segenap penjuru rumah sebagai ungkapan harapan agar hidup seisi rumah membawa keharuman bagi nama leluhur. Selain itu, harum dupa itu juga mereka yakini dapat membuat suasana terasa tenteram di hati. "Semoga di Tahun Baru Imlek 2568 kita semua diberikan kemakmuran, " tutup Ketua Kelenteng See Hin Kiong.

Dari pantauan media ini,
Kelenteng See Hin Kiong, terlihat ramai dikunjungi masyarakat Kota Padang untuk menyaksikan pertunjukan Naga dan Liong dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek 2568 tahun 2017. Tak kalah serunya, terlihat para pengunjung banyak berselfi ria dengan rombongan mereka.(BI)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top