ExposSumbar, PADANG - Kondisi di kawasan Pasar Raya Padang terlihat mulai dari Simpang Kandang arus lalulintas sudah mulai lancar, tidak ada lagi kemacetan yang begitu parah. Juga terlihat disana penggerukkan saluran drainase di sepanjang trotoar dari mulai masuk jalan Simpang Kandang pasca dilakukannya penertiban PKL beberapa waktu lalu oleh tim gabungan yang beranggotakan Dinas Perdagangan, tim SK-4, Trantib, Satpol PP Padang.

Kepala Dinas Perdagangan Padang, Endrizal mengatakan, penertiban yang dilakukan beberapa waktu lalu memang merupakan agenda rutin dari Dinas Perdagangan pada PKL yang berada di jalan Simpang Kandang hingga jalan Sandang Pangan. "Target kita sebenarnya adalah mengosongkan PKL dari jalan Simpang Kandang hingga ke Simpang Mulia, namun hal tersebut akan dilakukan secara bertahap, "ujar Endrizal, pada padangmedia.com, Senin(6/3) ketika dihubungi melalui selulernya.

Untuk sementara pedagang dari jalan Simpang Kandang hingga jalan Sandang Pangan, mereka ditampung di sekitar Blok II dan dipasar penampungan dibelakang Balaikota lama. Jika pasar Inpres III sudah rampung maka para pedagang tersebut akan dipindahkan kesana.

Dan sebelumnya kami sudah melakukan sosialisasi, edukasi kepada para pedagang sebelum dilakukan penertiban sehingga mereka mau mengosongkan jalan Simpang Kandang,Pasar Baru hingga simpang Mulia, walaupun memang ada satu atau dua pedagang yang sebelummya menolak untuk ditertibkan.

"Kami berharap dengan dilakukannya penertiban dan dipindahkannya nanti para pedagang ke pasar Inpres Blok III serta dilakukannya perbaikan trotoar secara timbal balik dari jalan Simpang Kandang hingga simpang Mulia.

Lebihlanjut disampaikan, memang saat ini sedang dilakukan pengerukkan drainase mulai dari jalan Simpang Kandang hingga jalan Sandang Pangan, yang akan dilanjutkan nantinya dengan perbaikan trotoar dilakukan Dinas PU Padang. Kita memang melalukan pengerukkan drainase ini lebih cepat, untuk pengerjaan sistem tendernya itu Dinas PU yang melaksanakan.

"Endrizal menambahkan, kita sudah merencanakan trotoar yang diperbaiki secara timbal balik, mulai dari jalan Simpang Kandang hingga ke Simpang Mulia seperti trotoar yang berada di jalan Permindo yakni trotoar ramah disabilitas, " jelasnya.

Hal tersebut tentunya tidak lain adalah demi kenyamanan konsumen, sehingga nantinya konsumen pejalan kaki yang akan belanja di Pasar raya benar- benar menikmati haknya, tidak ada lagi trotoar di isi oleh pedangan kaki lima dikawasan tersebut serta diharapkan tidak ada lagi kemacetan dikawasan itu. Sehingga Pasar raya lebih tertib dan pengunjung lebih nyaman datang untuk belanja di Pasar Raya Padang,"ungkapnya.(BI)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top