Ketua Komisi III DPRD Padang Zulhardi Z.Latif Tinjau Irigasi Tabek Banda Kapunduang, Pilakuik Kecamatan Kuranji.

ExposSumbar
.PADANG
-  Menyikapi laporan serta keluhan yang diterima dari masyarakat Pilakuik, Kecamatan Kuranji Kota Padang, Sumatera Barat terkait saluran irigasi Tabek Banda Kapunduang yang jebol. Ketua Komisi III DPRD Kota Padang Zulhardi Zakaria Latif langsung turun mendatangi lokasi guna menjemput aspirasi warga Minggu (16/4)

"Dalam kesempatan itu Zulhardi Z.Latif menilai memang sudah seharusnya pondasi dan saluran irigasi Tabek Banda Kapunduang ini segera untuk di perbaiki. Selain beresiko pada bangunanan Mushala yang berada dipinggir saluran irigasi juga akan berdampak nantinya pada gagal tanam ataupun gagal panen petani setempat, "ujarnya.

Lebihlanjut disampaikan, saat ini dari masyarakat setempat telah mengambil inisiatif dengan menutup aliran air dari bendungan yang kemudian di air alirkan ke aliran yang lain. Hal tersebut guna menghindari agar mushala yang berada dekat aluran irigasi tidak terban. Pasalnya kondisi pada pondasi di mushala yang dilalui saluran irigasi sudah sangat memiriskan, tinggal menunggu terban saja jika terjadi hujan lebat nanti. Kondisi inipun nantinya akan berimbas lebih luas lagi.

"Namun muncul lagi permasalahanya sekarang ini setelah bendungan irigasi tersebut dututup, malah berimbas pada warga serta lahan sawah mereka. Ketika hujan turun, air dari bendungan akan meluap hingga terjadi banjir, " jelasnya.

''Memang untuk masalah irigasi ini masuk pada dinas provinsi. Namun setelah kita bicarakan dengan pihak PU Padang dalam hal ini pada Kasi Irigasi Al Fakhri, didapati suatu solusi bahwa untuk permasalahan ini kita ambil adalah pada pengamanan dampak bencananya. Efek atau imbas yang akan terjadi jika tidak segera ditindak lanjuti, " terangnya.

Selaku Ketua Komisi III yang membidangi pembangunan dan lingkungan hidup, pihaknya menampung aspirasi masyarakat tersebut yang akan diperjuangkan di lembaga dewan. Dalam hal ini kita pun akan segera mendesak pemko memenuhi harapan masyarakat untuk memperbaiki saluran irigasi di Pilakuik, Kecamatan Kuranji tersebut.

"Kita semuanya pastinya paham, bahwa saluran irigasi ini sangat penting untuk mengairi persawahan warga. Untuk itu dirinya melalui Komisi III meminta supaya pemko melalui dinas teknis terkait untuk sesegera mungkin memperbaikinya. Kita tidak ingin sampai terjadi gagal tanam dan gagal panen, gara-gara rusaknya pondasi saluran irigasi tersebut, " ungkap Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Padang yang juga putra Pauh IX, Kecamatan Kuranji tersebut.

Sementara salah seorang tokoh masyarakat setempat, Erman Muluk (52) menyampaikan,  akibat jebolnya pondasi irigasi tersebut berdampak terhadap bangunan Mushalla Banda Kapunduang.

"Kami berharap Pemko Padang segera memperbaiki pondasi saluran irigasi tersebut. Sebab, selain berdampak terhadap bangunan mushala juga berdampak terhadap akses saluruan tersier ke sawah warga.

Kami juga berterimakasih pada anggota DPRD Padang bapak Zulhardi Z.Latif yang telah langsung datang melihat kelokasi. Tentunya melalui wakil rakyat kami berharap permasalahan yang ada ditengah masyarakat, seperti masalah irigasi Tabek Banda Kapunduang ini, pondasinya yang jebol dapat diperjuangkan ke pemerintah, " ungkapnya.(BI)


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top