ExposSumbar, PADANG  - Ketua Pansua III DPRD Padang, Faisal Nasir mengatakan, walaupun progres pencapaian realisasi OPD Tahun 2016 bisa dikatakan dapat tercapai juga ada yang tidak, namun sangat disayangkan dari realisasi yang dicapai masih juga ditemukan silpa ( sisa lebih penggunaan anggaran,red).

Kemudian outcome hasil yang dicapai dari belanja tidak langsung tadi terhadap kepentingan masyarakat tidak tercapai atau dari pada kegiatan OPD itu sendiri, " katanya  Senin(10/4).

Dia juga menilai, kemampuan yang sangat rendah dari kepala OPD untuk menghabiskan anggaran. Karena dalam hal ini sudah terlebih dahulu ada program kegiatan serta perencanaan dari OPD yang bersangkutan. Seharusnya pada belanja tidak langsung tidak terjadi silpa kecuali pada kegiatan tender - tender itu tak masalah.

"Lebihlanjut disampaikan, sangat kita sayangkan dari realisasi yang dilakukan tidak ada manfaat dan hasilnya, seperti salah satu contohnya pada Dinas Perhubungan (Dishub) mengenai pangkalan angkutan kota (angkot) di belakang kantor balaikota lama. Apakah saat ini sudah berjalan maksimal untuk angkot yang masuk kesana, " ujarnya.

Faisal juga mengatakan, kepada OPD seharusnya membuat suatu perencanaan untuk fisik harus di buatkan setahun sebelum kegiatan dilaksanakan. Hal tersebut gunanya ketika perencanaan sudah matang diwaktu penganggaran cair maka kegiatan yang akan dilaksanaka dapat segera berjalan. Namun yang banyak terjadi kegiatan berjalan diakhir - akhir tahun, ini kan sama saja kegiatan itu akan tidak terselesaikan pada akhirnya.

Untuk itu kita minta pada OPD agar anggaran yang dibuat sesuai dengan kebutuhan prioritas di OPD bersangkutan. Kalau hanya sekedar untuk menganggarkan namun tidak ada inovasi, kreatifitas serta perencanaan yang matang hal itu sama saja OPD hanya bisa meminta anggaran namun pencapaian hasilnya tidak ada.

"Dalam hal ini Pansus III DPRD Padang tentang Belanja Tidak Langsung menilai dalam pembahasan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bukan sekedar persentase atau sekedar pencapaian untuk menghabiskan anggaran saja, namun yang patut di perhatikan adalah pencapaian hasilnya terhadap kepentingan masyarakat, "ungkap Faisal.(BI)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top