ExposSumbar,PADANG - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kota Padang laksanakan bimbingan teknis (Bimtek) tentang "Perencanaan Anggaran Tahun 2018, Pedoman dan Teknis Pembahasan KUA - PPAS, P-APBD dan Ranperda PP - APBD Tahun 2016 berkoordinasi dengan BPSDM Kemendagri, di Jakarta terhitung 22 - 26 Mei 2017.

Bimtek ini melihat bagaimana cara - cara menentukan APBD 2018 dan KUA-PPAS, dengan aturan - aturan terbaru harus menyesuaikan untuk penyusunan APBD sebelum disampaikan KUA-PPAS untuk dibahas dilanjutkan ke P-APBD, selanjutnya bagaimana melihat LKPD. Hal ini lah yang dipelajari lebih mendalami lagi dalam Bimtek ini, " ujar Wakil Ketua DPRD Padang Wahyu Iramana Putra melalui selulernya dari Jakarta, Rabu (24/5) malam

Lebihlanjut disampaikan, dengan bimbingan teknis ini, kita selaku anggota dewan diajarkan disana dengan aturan -aturan baru tujuannya agar tidak salah lagi dalam menyusun anggaran kedepan. Selanjutnya supaya tidak adalagi program - program yang tidak jalan sesuai visi misi yang di inginkan, dan persoalan - persoalan yang tidak menyalahi aturan yang ada.

"Selain itu membahas tentang evaluasi BPK yang menjadi acuan penyusunan anggaran akan datang, termasuk juga nantinya tentang adanya APBD perubahan, " ungkap politisi Golkar tersebut.

Mailinda Rose anggota DPRD Padang lainnya menambahkan, kegiatan Bimtek ini penting diikuti seluruh anggota DPRD untuk mengetahui aturan-aturan baru soal penyusunan APBD. Apalagi, ada aturan-aturan baru yang perlu dipahami anggota dewan dalam menyusun APBD, makanya, Bimtek ini sangat perlu kita ikuti selaku anggota dewan, " ujarnya.

Bimtek ini penting karena akan meningkatkan kapasitas anggota DPRD sehingga produk-produk DPRD baik itu produk hukum berupa Perda maupun fungsi pengawasan DPRD dapat semakin baik serta berkualitas.

Menurutnya Bimtek yang dilaksanakan ini juga bertujuan agar seluruh komponen yang ada di DPRD berkerja sesuai dengan tupoksinya.

"Dengan kegiatan Bimtek ini, diharapkan SDM para wakil rakyat menjadi lebih baik dalam menjalankan tupoksinya dan sebagai penyambung lidah  rakyat agar pembangunan kedepannya makin lebih baik lagi" ungkap Ketua Fraksi Nasdem itu

"Anggota DPRD Padang Helmi Moesim secara terpisah menyampaikan, dalam Bimtek ini kita lebih mendalami aturan baru tentang pembahasan APBD 2018 dan LKPJ. Dan yang penting juga mengenai LHP BPK yang diterima oleh pimpinan, diteruskan ke anggota DPRD kemudian itulah yang akan dibahas pada LKPD " pungkas kader Golkar ini.

Anggota DPRD Padang lainnya Mizwar Jambak juga menyampaikan, dalam Bimtek ini kita selaku anggota DPRD diajarkan lebih mendalam mengemai regulasi - regulasi baru supaya nantinya agar jangan ada sesuatu kesalahan- kesalahan dengan aturan yang ada. Intinya jangan terjadi penyimpangan mengenai anggaran dari aturan yang telah ada, " jelas Mizwar yang juga kader golkar tersebut.(BI).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top