Foto: Danau Cimpago

ExposSumbar, PADANG -  Ketika berbicara mengenai wisata pantai Kota Padang pastinya tidak terlepas dari danau buatan yakni Danau Cimpago di kawasan Purus IV, Padang Barat yang pernah jadi primadona kala itu yang hingga saat ini namanya tetap melekat di benak masyarakat.

Setiap orang yang datang ke pantai Padang untuk berwisata, otomatis akan melihat Danau Cimpago yang berada di kawasan tersebut.

Namun kenyataanya kini seakan tidak lagi layak dijadikan objek wisata lagi, karena seakan sudah dijadikan lokasi untuk pembuangan sampah dan limbah oleh masyarakat sekitar. Mungkin juga tempat buang sampah bagi pengunjung Pantai Padang.

Menyikapi hal itu anggota DPRD Padang Azirwan mengatakan, Danau Cimpago terlihat kotor seperti ada unsur kesengajaan. Danau buatan itu dibiarkan kotor, dan sangat memprihatinkan.

"Jika memang dalam hal ini yang mengelola adalah pihak balai sungai provinsi kenapa seperti tidak ada perhatian sama sekali, seperti ada pembiaran, " sebut Azirwan, Kamis(4/5) dari ruang kerjanya.

Begitu juga halnya di kawasan muaro Padang yang akan dijadikan kawasan Marina, sampai saat ini belum juga dilakukan pengerukkan yang sudah di janjikan pengerukkan dari Februari 2016 lalu.

Dia mengakatan berbicara wisata pantai pasti saja para mengunjung ingin menikmati wahana air , baik laut maupun wahana air tawar. Dulu kan pernah ada permainan sepeda bebek di danau Cimpago ini, bahkan pernah walikota menaikinya. Namun dengan tidak adanya pengelolaan yang baik serta kebersihan airnya, maka hilang begitu saja wahana permainan sepeda bebek itu.

"Menurutnya , ketika pihak balai sungai tidak mampu untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan Danau Cimpago, bisa saja dicarikan pihak ketika untuk mengelolanya. Carikan investor untuk bisa mengelola danau buatan tersebut agar bisa diberdayakan menjadi wahana permainan wisata air tawar. Selain bermain di pantai pengunjung juga bisa bermain wahana air tawar, " pungkasnya.

"Dia menilai saat ini pemeruntah dan dinas terkait terlena dengan pembenahan - pembenahan dan Pedestrian pantai Padang , sehingga terlupakan dengan danau Cimpago yang jika di kelola dengan baik tentu akan bisa juga  menghasilkan pendapatan, "ungkapnya.

Camat Padang Barat, Arfian mengatakan setiap hari ada petugasnya yang melakukan pengecekan ke Danau Cimpago. Bahkan, Danau Cimpago juga terus dilakukan pembersihan oleh Dinas Lingkungan Hidup bersama sukarelawan dari Padang Barat. Mungkin danau itu terlihat kotor ketika pasang naik. Pintu air dibuka, maka sampah dari bandar bakali Purus itu masuk,” sebutnya.

Pihak kecamatan, katanya, selalu mengadakan pemantauan untuk kebersihan dan keamanan di daerah pantai Padang, termasuk Danau Cimpago. ”Kami juga selalu mengimbau masyarakat tidak membuang sanpah sembarangan di area danau, dan menjaga kebersihan objek wisata,” ungkapnya.(BI).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top