ExposSumbar,PADANG - Sebanyak 96 orang Resimen Mahasiswa (Menwa) dari seluruh Perguruan Tinggi se Sumatera Barat yang tergabung Resimen Mahasiswa Maharuyung Sumatera Barat dan Kota Padang angkatan 39 laksanakan pendidikan dasar Menwa di Pantai Air Manis Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang langsung di bawah komondo Korps Marinir Angkatan Laut.

Dasar - dasar dalam pendidikan ini bukan saja diajarkan mengenai ilmu kemeliteran namun juga diajarkan mengenai ilmu kepemimpinan kepada mahasiswa yang mengikuti pelatihan dasar resimen mahasiswa. "Hal itu disampaikan Wahyu Iramana Putra, Wakil Komandan Resimen Mahasiswa Maharuyung Sumatera Barat dan juga selaku Komandan di Resimen Mahasiswa Maharuyung Padang saat mendatangi lokasi pendidikan Resimen Mahasiswa angkatan 39 di pantai Air Manis, Rabu(3/5) sore

Wahyu mengatakan dalam hal ini Menwa tertantang untuk mempertahankan NKRI. Karena banyak saat tokoh politik yang hanya bisa menyalahkan pimpinan bangsa, tidak mempunyai etika dan apapun yang dibuat orang salah. Untuk itu melalui pendidikan Resimen Mahasiswa ini agar dapat menciptakan mahasiswa sebagai kader-kader penerus bangsa yang disiplin, tegas dan humanis. Dan juga sebagai unit kegiatan mahasiswa yang mempunyai jiwa cinta tanah air dan memiliki sikap patriot dalam melaksanakan tugas dan segala kegiatan internal maupun eksternal.

Dikatakan kenapa pada negara - negara maju seperti Singapura dan lainnya ada pendidikan dasar meliternya, hal itu dikarenakan mereka paham dan mempunyai jiwa cinta tanah air dan memiliki sikap patriot bangsa yang tinggi. Kemudian kita juga antisipasi ancaman gerakan 30 S PKI di Indonesia, "  kata Wahyu usai mendatangi pelatihan Menwa Maharuyung di Pantai Air Manis, Rabu(3/5) sore.

Kepada calon Menwa yang akan berjuang supaya tetap selalu menjaga nama baik universitas dan tetap menjadi teladan bagi masyarakat. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membina para mahasiswa sebagai generasi muda bagian dari kekuatan sishankamrata, agar mempunyai ketahanan, cinta tanah air dan berwawasan kebangsaan serta mempunyai jiwa persatuan dan kesatuan yang kuat.

"Pada hari Jum'at ( 5/5) besok direncanakan pengangkatan tugas dan pemasangan Baret kepada mahasiswa yang lulus dalam pelatihan dasar Menwa ini di Universitas Andalas, kami akan menunggu disana, " ungkap Wahyu Iramana Putra yang juga Wakil Ketua DPRD Padang itu.

"Sementara pelatih Resimen Mahasiswa Maharuyung angkatan 39, Letnan Dua Marinir Roni menyampaikan, latihan - latihan yang kita berikan pada mahasiswa ini antara lain adalah ecercisi perahu karet ditengah laut yang tujuannya ketika terjadi bencana alam para mahasiswa ini bisa sekaligus menjadi tim SAR, "ujarnya disela latihan dari Pantai Air Manis.

Juga diajarkan surfefel baik di darat dan laut, pelajaran dan latihan jurid malam sebagai pembawa berita yang sifatnya sangat rahasia, latihan Ilmu Peta Membaca Medan Menggunakan Kompas dan GPS, kemudian juga diajarkan cara menembak sesuai dengan program yang telah dibuat oleh atasan di Korps Marinir Angkatan Laut. "Alhamdulillah sampai hari ini kegiatan berlangsung dengan baik aman terkendali, " ungkapnya.(BI)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top