Suasana Pelabuhan Dermaga MV Mentawai Fast Muara Padang

Keberangkatan Kapal Cepat MV Mentawai Fast dari Padang - Mentawai dan Mentawai - Padang pada suasana lebaran Idul Adha 1438 H, 2017 dalam kondisi normal tidak ada peningkatan penumpang secara signifikan.

ExposSumbar- Seperti biasanya kapal cepat MV Mentawai Fast sekitar pukul 18.20 Wib merapat di dermaga Pelabuhan Muaro Padang.Terlihat para penumpang yang turun, ada beberapa rombongan dari turis manca negara dengan peralatan surfing mereka yang dibantu diturunkan oleh petugas dermaga dari atas kapal.

"Komisaris PT Mentawai Anugerah Sejahtera Mas, Rudi Iskandar  mengatakan, tidak ada lonjakan penumpang di hari Raya Idul Adha kali ini, baik itu dari Padang - Mentawai maupun sebaliknya, seperti hari - hari biasanya saja, " ujarnya dari Pelabuhan Dermaga Muaro Padang, Kamis (31/8)

Ia mengatakan lonjakan penumpang biasanya terjadi pada saat lebaran Idul Fitri atau di saat perhelatan iven internasional, seperti surfing atau ivent lainnya. "Namun untuk lebaran Idul Adha ini bisa dilihat penumpang MV Mentawai Fast seperti biasanya dan tidak ada kenaikan tiket, harga tetap Rp250 ribu," kata Rudi.

Disampaikan kapasitas kapal cepat Mentawai Fast ini bisa menampung 200 penumpang di ruang full AC dan ruang khusus penumpang perokok. "Untuk keselamatan penumpang, tidak perlu khawatir. Soalnya sudah dilengkapi navigasi lengkap, sekoci dan body dilapiskan per kamar-kamar, serta peralatan keselamatan lainnya. Kemudian, beban daya angkut 3 ton dan tidak bisa bawa cargo," ungkapnya.

Rudi memaparkan bahwa kapal cepat tersebut mempunyai panjang 34 meter, lebar 5,5 meter diperkuat 3 unit mesin Volvo Sport Marine, masing-masing berkekuatan 750 PK. Kapal cepat khusus penumpang ini, dalam keadaan air laut normal dan tenang, dia bisa meluncur dengan kecepatan tinggi. Sehingga kapal dapat menempuh kecepatan 30 knop/jam dengan jarak tempuh pelayaran bisa kita perkirakan sekitar 2 sampai 3 jam lah kalau kita naik dari Padang ke Tuapejat, begitu sebaliknya," papar Rudi.

"Selain itu tambahnya didermaga Muaro Padang ini pun telah tersedia terminal khusus penumpang. Terminal khusus ini dilengkapi ruang tunggu ber AC," sebut Rudi.

Rudi berharap dengan beroperasinya kapal cepat yang sudah dapat berangkat tiap harinya ini, dapat membuka akses transportasi ke Mentawai. Hal ini jelas berimbas positif bagi perkembangan perekonomian dan pariwisata daerah setempat. "Apalagi, kami ketahui Kepulauan Mentawai ini surganya para surfer. Ini sebuah peluang bagus meningkatkan ekonomi Mentawai," ungkapnya.(BI)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top