Wakil Gubernur Sumbar,Nasrul Abit Dalam Sambutannya Pada Sumbar Film Festival 2017 di di Hotel Bumi Minang

Ekspor Sumbar.PADANG - Dinas Pariwisata Sumatera Barat menggelar malam puncak penganugrahan pemenang Sumbar Film Festival (SFF) 2017 di Hotel Bumi Minang, Kamis (28/9/2017). Acaranya diawali dengan pemutaran cuplikan film festival dan cuplikan film animasi. Bentuk acaranya terdiri dari pembuatan film dokumentasi, festival tingkat mahasiswa, tingkat siswa dan festival film animasi se-Sumatera Barat.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit. mengatakan Sumbar Film Festival adalah sebuah program yang bertujuan untuk pengembangan ekonomi kreatif sebagai penunjang kepariwisataan Sumbar dalam mempromosikan pariwisata halalnya. Tak hanya itu, dapat mendorong sineas muda dalam berkarya menghasilkan film dalam membentuk promosi parisiwata halal.

Pada kesempatan itu Wagub Sumbar mengucapkan selamat atas terselenggaranya acara ini serta dengan adanya kegiatan ini membuat peserta lebih kreatif dalam konsep Pariwisata Halal Sumatera Barat.

"Pariwisata halal tidak hanya diperuntukan bagi wisatawan muslim tapi bagi seluruh wisatawan. Artinya memberikan kenyamanan kepada traveler untuk menikmati pelayanan wisata halal ,seperti kemudahan menjalankan ibadah, hotel dengan fasilitas halal, cenderamata halal dan makann halal untuk dikonsumsi," ucap Nasrul Abit didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumatera Barat, Oni Yulfian.

Ditambahkannya, kegiatan ini diikuti 24 peserta. Dalam acara tersebut dewan juri yang terdiri dari Kusen Dony Hermansyah M.Sn (IKJ), Hery Sasongko, M.Sn (ISI Padang Panjang), Adlen (TVRI Sumbar) memilih tiga pemenang, satu favorit kategori film dokudrama tingkat umum/mahasiswa dan tiga pemenang, satu favorit untuk kategori film dokudrama tingkat siswa serta tiga pemenang film animasi.

Juara I untuk kategori film dokumenter drama tingkat pelajar diraih Rizki Wahyudi dengan judul film Takana Baliak dan kedua diperoleh Husnul Khotimah dengan Pesona Minang Nan Elok Baso serta Film dengan judul Singkek Carito dari Debi Asri Adi memperoleh penghargaan nomor tiga. Sedangkan Baombai dari Dinda Okza Dera memperoleh favorit untuk kategori ini.

Sementara itu untuk tingkat mahasiswa, juara pertama diraih Elfit Fahriansyah dengan judul film Wisata Musiduga dan Abdi Riki, Kota Kecil Sejuta Cerita meraih peringkat kedua, serta Sakilek Perak dari Satria Arganggi meraih peringkat ketiga. Juara favorit diraih Wahyudi Maswar dengan Triarga.

Tim Tekabe dengan judul Ibrahim Vlog meraih juara pertama untuk kategori film animasi. Juara kedua diraih, tim Sapilin dengan judul Potret Pariwisata Sumatera Barat mendapatkan peringkat kedua dan penghargaan ketiga diraih tim Pumara Anima dengan judul film Surga di Ranah Minang.(Bi)
 
Top