EksposSumbar, PADANG - Wakil Walikota Ir.H.Emzalmi,M.Si dan UPT Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Provinsi Sumatra Barat langsung turun tangan mengatasi jebolnya Pondasi dan Check Dam Aia Dingin Koto Tuo, Koto Tangah akibat banjir bandang puluhan tahun yang lalu yang terjadi di Kota Padang, Jum'at (04/11).

Kepada wartawan, Wawako menyampaikan, bahwa bendungan air dingin koto tuo telah puluhan tahun rusak akibat banjir bandang, sehingga saluran sekitarnya sebelah kiri itu rusak berat dan tidak berfungsi. Akibatnya sawah menjadi kekeringan dan kolam-kolam ikan tidak dapat di manfaatkan masyarakat setempat.

Pertama menyampaikan, oleh karena itu bendungan ini perlu segera di perbaiki dan kita telah mendesak balai sungai wilayah V (Lima) Sumatera untuk memperbaiki.

Wawako memberitahukan, tahun ini perbaikan menghabiskan anggaran 100 Milliyar dari APBN. Untuk perbaikan sungai Air Dingin Koto Tuo dan sekalian memperbaiki bendungan yang rusak diterjang banjir bandang.

Pekerjaanya di targetkan dalam 2 tahun dan tahun ini sudah di mulai perencanaannya di bulan Desember 2017 dan sekarang sudah di lakukan persiapan-persiapan di lapangan yang akan di kerjakan selain adalah membuat beberapa Check Dam.

Check Dam berfungsi untuk menahan, supaya tidak terjadi pendalaman dan tidak terjadi erosi di dasar sungai dan pengikisan di dasar sungai. Kalau tidak di bangun Check Dam maka bisa sungai  mengakibatkan rusak alur sungai.

Kedua, memperbaiki tanggul sungai, tanggul sungai itu pun karna sudah terjadi penggikisan dan perlu di normalisasi dan di luruskan lagi.

Ketiga, memperbaiki bendungan sungai koto tuo, tidak hanya berfungsi sebagai Check Dam tetapi sekalian berfungsi irigasi. Di sana terdapat saluran kiri dan kanan yang paling parah itu rusaknya bank is 2 tahun yang lalu itu adalah salauran sebelah kiri. Kejadian tersebut mengancam ratusan hektare persawahan 3000 Hektar sawah yang dialiri, termasuk perikanan," ujarnya

Wawako Padang bersama Kepala UPT DPU Kota Padang, Kepala BPBD Kota Padang, Kepala DPUTR dan instansi terkait, menginginkan perbaikan, sehingga tidak meresahkan warga sekitar.

"Kita telah melakukan koordinasi bersama untuk mengatasi Pondasi dan Check Dam jebol di sungai aia dingin koto tuo Jum 'at Siang," ungkapnya

Dalam kesempatan ini turut hadir, Ninik Mamak, Tokoh Masyarakat. Dan salah satu tokoh masyarakat menyatakan, masyarakat siap membantu dan mendukung penuh suksesnya bendungan air dingin koto tuo. (AR/DP)
 
Top