EksposSumbar, PADANG - Wakil Walikota Padang, Ir.H.Emzalmi resmikan rumah permanen bagi warga kurang mampu di Anduring, Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji, Selasa, (7/11). Rumah tersebut diperuntukan bagi keluarga Bainullah (58) yang sehari - hari berkerja sebagai seorang pemulung.

Sebelum menyerahkan kunci kepada pemilik rumah. Wawako mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh yang telah partisipasi  untuk membantu masyarakat kurang mampu ini. Maka perlu di contoh oleh pemerintah apa yang sudah dilakukan oleh Kongsi Kematian Badunsanak dan Anak Nagari. 

Apa yang sudah dilakukan ini, dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Pemko sendiri memang ada melakukan  bedah rumah yang dilaksanakan oleh rekanan dengan nilai bantuan 15 jt per unit. 

"Namun, banyak keluhan yang didapat dari masyarakat. Mereka hanya menerima  8 juta, itu pun hanya bahan. Kedepannya kita akan mencari metode yang tepat untuk itu,"sebut Emzalmi.

Ditambah, agar masyarakat miskin yang mendapatkan bantuan tidak di rugikan, kita mencoba tidak di proyekan  bantuan bedah rumah ini. Nah sebaiknya kita gandeng organisasi yang akutabel untuk melaksanakan seperti apa yang telah dilakukan oleh forum nagari ini. Kedepannya bantuan 15 juta akan ditambah menjadi 30 juta dan ada swadaya dari masyarakat.  

"Sekarang  bantuan 15 jita yang diterima oleh masyarakat tidak lebih 10 juta, karena dijadikan proyek, tentu rekanan yang mengerjakan mencari keuntungan, belum lagi pajaknya,"sesal Wawako.

Pada kesempatan itu, Rasa kebahagian terpancar dari wajah Bainullah (58),  ia mengatakan, sangat bersyukur kepada Allah SWT, karena sudah lama mendambakan untuk bisa mendapatkan sebuah rumah yang layak huni kami bersyukur kepada allah swt karna rumah kami di bangun oleh kongsi kematian badunsanak dan Fkan Pauh IX Kuranji permanen dan lantai keramik .

Sementara, Ketua Pelaksana, Rusli menyampaikan kepada  Wawako, bahwa rumah ini di bangun atas partisipasi semua lapisan masyarakat dan tokoh masyarakat di kenegarian pauh basa ampek baleh. Sehingga konsi kematian badunsanak bisa melaksanakan program bedah rumah ini.

"Kami bukan bedah rumah, tetapi membangun rumah baru bagi masyarakat yang tidak mampu dengan tipe 36 parmanen dan lantai keramik plus listriknya, menghabiskan  dana 45 juta 1 unit rumah, dan ini sudah rumah ke 4 kita resmikan dalam kurun waktu 1 tahun ini," katanya.

Ditambahkan Rusli, kita berharap kedepannya kongsi kematian badunsanak lebih banyak lgi membangun rumah warga tidak mampu sehingga tidak ada lagi rumah di pauh kuranji warganya menghuni rumah tidak layak. Dan semoga bapak Wakil Walikota  di izinkan oleh Allah SWT menjadi Walikota 2018, sehingga program seperti ini dilakukan sekota Padang.

Dalam peresmian tersebut juga hadir Ketua FKAN Pauh Kuranji, Evi Yandri Rajo Budiman, beliau mengucapkan terimakasih banyak kepada kongsi kematian badunsanak dan seluruh donatur. Rasa ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Wakil Walikota  selaku ninik mamak nagari ini  yg telah berpartisipasi untuk membantu masyarakat kurang mampu di negeri ini. (**)
 
Top