EksposSumbar, ( PADANG ) - Pembangunan Kota Padang Tahun 2019 difokuskan dan diarahkan untuk menuntaskan program-program pembangunan yang telah tertuang pada Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Padang 2014-2019. 

Prioritas pembangunan Kota Padang mengacu pada 5 program, yaitu; optimalisasi infrastruktur perkotaan, penataan sistem transportasi kota yang lebih baik, pembangunan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan, revitalisasi pasar tradisional atau pasar rakyat, dan lanjutan pembangunan sarana prasarana pariwisata. 

Dengan demikian, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Padang telah merancang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2019. Rancangan tersebut dibahas pada Forum Konsultasi Publik di Hotel Pangeran Beach, Senin (26/2).

Staf Ahli Pemko Padang Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Afrizal Khaidir menyebutkan, Forum Konsultasi Publik digelar untuk menerima saran dan masukan demi penyempurnaan RKPD Kota Padang tahun 2019.

"RKPD 2019 merupakan RKPD tahun terakhir pelaksanaan RPJMD.  Mari kita bahas dengan maksimalkan," ujar Afrizal saat membuka Forum Konsultasi Publik yang diikuti Kepala OPD Pemko Padang, pemangku kepentingan dan perwakilan masyarakat. 

"Selain 5 program tersebut, program-program lain yang merupakan pelayanan dasar kepada masyarakat tetap dimaksimalkan," tambah Afrizal. 

Sementara itu, Kepala BAPPEDA Kota Padang, Hervan Bahar mengatakan, untuk proyeksi anggaran tahun 2019, Kota Padang memiliki pendapatan sebesar 2,447 triliun yang berasal dari dana perimbangan sebesar 60% dan 40% dari PAD dan pendapatan daerah lainnya yang sah. Sedangkan, total belanja sebesar 2,407 triliun dengan belanja langsung sebesar 51% dan belanja tidak langsung sebesar 49%. (Hms)
 
Top