Ekspos Sumbar (Siberut Utara) - Masyarakat Siberut Utara dan Sibenut Barat siap mendukung pelaksanaan rencana pembangunan pelabuhan Bajau,  sebagai salah satu teluk yang cukup baik di pulau-pulau bagian barat Sumatera.

Hal disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit saat memberikan sambutan pada kunjungan Rombongan Forkopimda Sumatera Barat bersama OPD terkait ke Labuhan Bajau Siberut Utara,  di SD 19 Sigapokna, Minggu sore (25/2).

Hadir dalam kesempatan itu,  Danrem 03 Wirabraja,  Waka Polda, Wakajati,  Ka BIN,  Bea Cukai,  Imigrasi,  Bupati,  Wabup, Kadis perhubungan,  Kadis Lingkungan Hidup,  Kadis Perikanan Kelautan,  Ka Kesbang , Kadis Pariwisata serta OPD terkait dilingkungan Pemkab Mentawai.

Lebih lanjut Wagub Nasrul Abit menyampaikan,  masyarakat telah bersedia menyerahkan tanah seluas 2 ha untuk kebutuhan rencana pembangunan dermaga pelabuhan  Bajau Siberut, jika kemudian ada penambahan lahan untuk kebutuhan pengembangan pembangunan pelabuhan ini masyarakatpum siap.

Kita bangga dan senang masyarakat Siberut Utara dan Siberut Barat,  menerima pengembangan pembangunan pelabuhan Bajau ini sebagai upaya membuka daerah Mentawai dari isolasi ketelesoliran dan tertinggal.  Jika pelabuhan Bajau ini siap akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan aktifiras masyarakat  tentu akan semakin meningkat pula.

Ini juga bagian dari pembangunan trans laut Mentawai jalur transpotasi laut dari tiga pelabuhan dimasing-masing pulau dan Trans Mentawai jalan darat yang menelusuri tengah pulau membuka daerah Mentawai agar bisa masuk kepedalam memajukan kesejahteraan masyarakat di Mentawai, ungkap Wagun Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan,  kunjungam hari ini merupakan sejarah pertama kalinya rombongan pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang datang Forkopimda plus lengkap ke Kabupaten Kepulauan  Mentawai.

Ini tentu sebuah pengharapan besar masyarakat Mentawai dalam perceoatan pelaksanaan pembangunan kabupaten Mentawai keluar dari daerah tertinggal dan maju sejajar dengan kabupaten/kota lainnya di Indonesia.

Besok juga kita akan meninjau pulau terluar dan beberapa pulau lainnya berkaitan dengan kunjungan wisatawan dan keamanan wilayah,  narkoba dan obat-obat terlarangz rencana pembangunan pelabuhan ikan terbesar di wilayah barat  Indonesia.

Selain juga membahas tentang amdal lingkungan hidup dan hal-hal kebijakan lain yang nati akan dibahas dalam rapat bersama Forkopimda,  Pemprov Sumbar dan Pemkab Mentawai,  menyiapkan laporan percepatan pembangunan Kabupaten masalah dan solusi yang perlu dilakukan,  ujar Nasrul Abit

Bupati Yudas Sabagalet juga menyampaikan, kita senang atas kunjungan ini karena selama ini belum ada keseriusan dalam memajukan pembangunan Mentawai.  Semangat membangun Pak  Guberbur Irwan Prayitno dan Pak Wagub Nasrul Abit , memacu motivasi kami untuk mensegerakan pembangunan segala sektor agar Mentawai segera keluar dari daerah  tertinggal.

Kunjungan beberapa hari ini tentu akan membuahkan beberapa konsep yang terbaik dalam memajukan kabupaten Kepulauan Mentawai, masukan dari Forkopimda Sumbar,  dan OPD terkait tentu amat membantu kami melakukan hal penting dalam percepatan pembanguan Mentawai ini,  ungkap Yudas senang. (JR)
 
Top