Ekspos Sumbar - (PADANG) - Bersama Komite Peduli Bencana (KPB) Kota Padang, Calon Wakil Walikota Padang nomor urut 1 di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 Juni 2018, Desri Ayunda kunjungi korban kebakaran di Gunung Pangilun Kecamatan Padang Utara Kota Padang, Sumatera Barat, Senin, (19/3). 

Kebakaran yang terjadi pada Minggu, 18 Maret 2018 di jalan Gajah Mada Kampung Olo RT. 001/RW. 002 Kelurahan Gunung Pangilun tersebut menghanguskan tiga unit rumah dan empat petak ruko. Untuk meringankan beban korban kebakaran, KPB telah menyalurkan bantuan berupa beras, mie instan dan uang tunai. 

"Kami turut berduka dan perhatin melihat kondisi korban kebakaran. Kami datang ke sini untuk menghibur korban kebakaran agar tabah atas bencana yang menimpa. Sebab, dibalik musibah pasti ada hikmahnya. Kami berharap, kedepan kebakaran di Kota Padang dapat diminimalisir," ungkap Desri di sela-sela kunjungan. 

Desri mengatakan, kebakaran dominan disebabkan korsleting listrik dan ini perlu dipikirkan kedepan  untuk melahirkan kebijakan bersama dengan PLN, seperti asuransi kebakaran. Dimana semua pelagan PLN diasuransikan dengan memasukan biaya asuransi melalui regkening pelaganan perbulan, sehingga rumah yang terbakar akibat korsleting lisrik bisa dibangun kembali oleh pihak asuransi 

"Ini perlu kebijakan bersama antara pemerintah daerah dengan pihak PLN,  seperti retribusi sampah yang mencantol ke regening PDAM," ujarnya.

Desri Ayunda tak lupa mengapresiasi relawan KPB Kota Padang yang terjun langsung membantu korban kebakaran. Menurutnya, walau terbilang baru berdiri, KPB sudah dirasakan manfaatnya bagi warga yang terkena musibah.

"Saya hanya bisa menyampaikan rasa duka dan keprihatinan, sebab kalau saya memberikan bantuan, takut dikatakan pelanggaran, karena posisi saya sebagai calon Wakil Walikota Padang. Biar KPB saja yang memberikan bantuan," ujarnya. (Rel)
 
Top