Ekspos Sumbar (Padang) - Calon Walikota Padang, H. Emzalmi, Msi, hadiri acara silaturahmi yang digelar Pengurus Besar Pencak Silat Silaturahmi (PB IPSS), Kamis, (15/3) malam.

Acara tersebut dilaksanakan di Perguruan Silat Silaturahmi yang terletak di Kampung Marapak RT.02/RW.04 Kelurahan Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang, Sumatera Barat. 

Hadir pada kesempatan itu para pendekar, budayawan, ninik mamak, urang sumando, dan anak sasian (murid) Perguruan Silat Silaturahmi. 

Pada kesempatan itu, Emzalmi mengapresiasi kegiatan yang diadakan Perguruan Silat Silaturahmi. Selain bisa memperkenalkan budaya daerah, kegiatan ini juga mempererat tali silaturahmi antar warga, pesilat, dan budayawan.

"Saya lihat, bukan hanya warga di sini saja yang datang, tetapi juga pendekar dan budayawan dari berbagai kampung juga hadir di sini. Semoga pencak silat ini tetap ditingkatkan ke depannya, sehingga lebih baik lagi menuju berbagai iven untuk masa yang akan datang," ungkap Emzalmi. 

Ketua PB IPSS Zalmi Nasir mengungkapkan, acara ini merupakan usaha untuk melestarikan pencak silat yang merupakan ilmu beladiri asli Nusantara. Apalagi, saat ini pencak silat tengah diupayakan untuk menjadi warisan dunia oleh Unesco.

"Selain sebagai silaturahmi, pastinya pertemuan ini juga untuk membuktikan dan memperkuat bahwa pencak silat mesti dilestarikan di tengah masuknya budaya asing,” ujarnya. 

Dikatakannya, Perguruan Pencak Silat Silahturrahmi telah berdiri dari tahun 1982 dan sampai sekarang masih bertahan. Pihaknya akan terus mengembangkan perguruan ini. 

Ia mengatakan, kegiatan latihan rutin diadalam setiap minggunya sebanyak 2 kali, yaitu Kamis pukul 20.00 WIB dan Minggu pukul 07.30 WIB di lapangan Pencat Silat Silahturrahmi.

"Peserta latihan terdiri dari putra dan putri sebanyak 150 orang. Dalam waktu dekat, kami akan mengikuti kejuraan pencak silat yang akan digelar Universitas Andalas," terangnya. (dedi)
 
Top