Ekspos Sumbar, (PADANG) - Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Padang menggelar lomba bercerita Tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Se-Kota Padang, Selasa(6/3). Lomba tersebut di buka oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan H.Afrizal Khaidir, SE.MM di Aula RRI jalan Jendral Sudirman No.12  Padang.

Dalam sambutannya Afrizal Khaidir mengatakan pada saat sekarang ini, minat membaca pada anak-anak semakin lama semakin menurun. Krisis baca yang dialami ini masih belum memperoleh perhatian yang cukup layak.

Oleh karena itu, melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, kita mencoba untuk membangkitkan minat baca pada anak dengan mengadakan lomba bercerita. Sehingga dengan adanya lomba bercerita ini, anak-anak kita termotivasi untuk meningkatkan minat baca, disamping itu Pemerintah juga menyiapkan sarana dan prasarana seperti pustaka," kata Afrizal.

Selama ini perpustakaan banyak kekurangan buku bacaan bahkan banyak yang tidak layak dikatakan sebagai perpustakaan. Padahal salah satu faktor kurangnya minat baca murid karena kurangnya sarana dan prasarana yang kurang mendukung.

“Kita ada pustaka keliling yang siap melayani masyarakat dan anak-anak, dan disekolah-sekolah  juga akan kita lengkapi dengan sarana dan prasarananya secara bertahap, sesuai dengan kemampuan dari Pemerintah,” ujarnya.

Senada dengan itu, S. Matron salah satu juri ajang Lomba Cerita tingkat SD/MI se- kota Padang juga mengatakan, dewasa ini kebiasaan membaca memang sangat kurang diminati anak-anak. Faktornya ada bermacam-macam, namun yang menjadi penentu adalah latar belakang atau bagaimana kehidupan orang terdekat anak-anak tersebut.

“Saat ini, kita susah mencari anak yang hobinya membaca. Kalau kita mau bercita-cita agar anak gemar membaca, maka harus ada contohnya”ucap S. Matron

Sementara itu H.Zayadi,S.Sos.MM Kepala Bidang Perpustakaan mengatakan Acara lomba bercerita ini  menghadirkan 50 peserta dari SD/MI Se- Kota Padang, dan kami berharap dengan adanya lomba ini ada wakil dari Kota Padang untuk tampil ditingkat Nasional. 

“Selama ini wakil dari Kota Padang belum ada tampil lomba ditingkat Nasional, Untuk pemenang kami menyediakan hadiah berupa Uang, Piala dan Piagam,” pungkas Zayadi. (Hms)
 
Top