Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Menabuh Gong Tanda Peresmian Nagari Desa Baru sebagai Nagari Mandiri Pangan 2017-2021, di Desa Baru Pasaman Barat.
Ekspos Sumbar (Pasbar) - Masyarakat Nagari Desa Baru Kecamatan Ranah Batahan, antusias menyambut kedatangan Gubernur Sumbar beserta rombongan dalam rangka meresmikan Nagari Desa Baru sebagai Nagari Mandiri Pangan 2017-2021, di Desa Baru, Kamis (15/3).

Kedatangan orang nomor satu di Sumbar itu disambut oleh Walinagari Desa Baru Mawardi Hendro, Ketua Bamus dan dan Tokoh masyarakat Desa Baru.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dalam sambutannya memprioritaskan pembangunan di daerah tertinggal, dan daerah perbatasan oleh Pemrov Sumbar, dalam rangka meningkatkan swasembada pangan di setiap nagari di Sumbar.

"Ditetapkannya Nagari Desa Baru sebagai Nagari Mandiri Pangan merupakan bentuk perhatian Pemrov dalam rangka meningkatkan swasembada pangan di Sumbar khususnya Pasbar," ujarnya.

Dikatakan Gubernur, Nagari Desa Baru yang berbatasan langsung dengan Sumatera Utara ini kedepannya harus diupayakan dalam berbagai sektor untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Upaya yang harus kita lakukan adalah pertama, meningkatkan kemampuan memproduksi pangan secara mandiri. Kedua, menyediakan pangan yang beraneka ragam dan memenuhi persyaratan keamanan mutu gizi.

Ketiga, meningkatkan dan mempermudah akses pangan bagi masyarakat dengan harga yang wajar dan terjangkau. Keempat, meningkatkan nilai tambah dan daya saing komoditas pangan di pasar dalam negeri dan luar negeri. Terakhir meningkatkan kesejahteraan bagi petani nelayan dan pelaku usaha pangan di Sumbar. 

"Dengan adanya nagari pangan ini maka berbagai program akan dilaksanakan dari banyak dinas terutama Dinas Pangan ,"tuturnya.

Maka dari itu diminta  kepada OPD Pemprov Sumbar agar menyiapkan sarana prasarana di Nagari Desa Baru. Selain itu juga meningkatkan koordinasi dengan OPD Pasaman Barat dan instansi terkait lainnya.

Selain itu Gubernur mengajak masyarakat Desa Baru untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan macam  tanaman untuk kebutuhan rumah tangga.

Sementara Bupati Pasaman Barat, Syahiran dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur yang telah meresmikan Nagari Desa Baru sebagai Nagari Mandiri Pangan.

"Potensi Desa Baru sangat bagus dikembangkan sebagai nagari pangan. Masyarakatnya kompak dan suka bergotong royong. Mudah-mudahan kedepannya lebih maju dengan ditunjuknya Desa Baru sebagai Nagari Mandiri Pangan," katanya.

Lebih jauh Syahiran menyebutkan program Nagari Mandari Pangan bertujuan untuk membangun daerah pinggiran dengan potensi pertanian dan perkebunan.

"Nagari Desa Baru merupakan daerah transmigrasi dari Jawa pada tahun 1995 dan 1996. Nagari Desa Baru pernah menjadi sentral kedele pada zaman Orde Baru,"bebernya

Oleh karena itu dengan adanya program Nagari Mandiri Pangan ini Desa Baru bisa kembali menjadi Nagari yang menjadi daerah Sentral Pertanian dan Perkebunan di Pasbar dan umumnya Sumbar.

Tampak hadir  Wakil Bupati Pasaman Barat Yulianto, Sekda Pasbar H.Manus Handri, Forkominda,Anggota DPRD Provinsi Sumbar H Amora Lubis.

Disamping itu Angota DPRD Pasbar Murdopo,Walinagari Desa Baru Mawardi Hendro dan sejumlah OPD Pemprov Sumbar dan OPD Pasaman Barat. (Nor)
 
Top