Ekspos Sumbar (Pasbar) - Koperasi Simpan Pinjam Gunung Sangkur (KSP-GS) Kinali,yang bergerak dalam simpan pinjam anggota dan non anggota telah menghasilkan sisa hasil usaha bersih (SHU) tahun buku 2017 sebesar Rp7,273.102,00

Sementara total aset KSP berjumlah Rp1.142.780.890.00.Jumlah tabungan anggota Rp211.191.079 dan piutang anggota Rp840.395.789,"ungkap Ketua KSP-GS H.A.Nuar dalam RAT KSP-GS di Aula KSP-GS Kinali,Kamis (22/3).
          
Dikatakan A.Nuar,KSP-GS yang didirikan  tanggal 8 Juni 2006, telah banyak kemajuan yang telah dicapai mulai dari pengembangan kegiatan usaha dan jenis usaha serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) serta kegiatan lainnya.
           
Dalam peningkatan SDM,KSP-GS telah mengirim pengurus dan karyawan ke lembaga pelatihan laporan keuangan dan administrasi kantor.
         
" Hal ini menunjukan keseriusan KSP-GS dalam meningkatkan kualitas SDM pengurus dan karyawan dalam laporan keuangan agar lebih profesional dalam mengelola keuangan KSP, "ujarnya.
           
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pasbar Alizamar SH mengatakan, RAT KSP-GS ini merupakan salah satu bukti yang menunjukkan bahwa pengelolaan KUD dan KSP-GS telah berjalan dengan baik dan profesional, sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen koperasi.
           
"Dengan konsistensi menggelar RAT setiap tahun buku tersebut, memberikan bukti positif bahwa lembaga ini serius dan tekun di dalam merealisasikan visinya,"ujar Alizamar
           
Dikatakannya, pemberdayaan Koperasi harus mengutamakan peningkatan kapasitas kelembagaan Koperasi, sebagai badan usaha yang bertumpuk pada partisipasi anggota.
           
Kemudian sebagai pemilik dan pelanggan yang menjalankan usahanya, dengan efisien dalam menghadapi iklim persiapan usaha yang semakin kompetitif.
           
"Pemberdayaan Koperasi bukanlah semata-mata menunaikan kewajiban konstitusional, melainkan juga pilihan terbaik untuk mengatasi lemahnya kondisi ekonomi,"tegas dia.
           
Untuk itu dia mengingatkan kepada pengurus KSP-GS agar senantiasa meningkatkan kinerjanya dalam mengelola KSP-GS dengan profesional dan sebaik mungkin.(Nor)
 
Top