Ekspos Sumbar (Pasbar) - Sebanyak enam Kepala Jorong baru di Kenagarian Kapa, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat dilantik oleh Walinagari Yulizar di halaman kantor walinagari setempat, Kamis (15/3).

Pengangkatan dan pemberhentian Kepala Jorong didasari UU No 6 tahun 2014 dan Permendagri no 83 tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa atau nagari.

Kepala Jorong yang dilantik itu semuanya generasi muda,sebab dua aturan itu melarang adanya perangkat desa atau nagari berada di atas usia 42 tahun. Kepala Jorong yang dilanti itu yakni Izal Padri Jorong Kapa Utara

Kemudian Alimurtada SH Jorong Lubuak Pudiang.Ridwan Jorong Malasiro.Heru Adrianto S.Kep Jorong Kapa Selatan.Robi Hertanto SE Jorong Kapa Timur dan Bambang Sutanto Jorong Padang Laweh.

Walinagari Kapa Yulizar dalam sambutannya mengatakan pengangkatan kepala jorong yang baru ini dilakukan setelah melalui berbagai proses dan memakan waktu 3 bulan sampai akhirnya 6 nama kepala jorong baru ini bisa dilantik.

" Lamanya proses penetapan Kepala Jorong ini karena harus melalui berbagai seleksi mulai dari test administrasi, tulis, wawancara, dan pengetahuan agama serta budaya seluruh calon jorong ini,"ujarnya.

Dikatakannya, dengan terpilihnya Kepala Jorong dari generasi muda diharapkan mampu mendorong dan mengeksploitasi SDA dan SDM secara seksama yang masih tersimpan di nagari ini. Masih banyak potensi alam dan manusia yang belum tergarap dengan baik selama ini.

"Nagari ini memiliki potensi yang bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, termasuk potensi SDM yang bisa dihandalkan untuk membangun nagarinya sendiri. Inilah tugas penting yang dirancang oleh Kepala Jorong muda yang baru dilantik ini," pinta wali.

Disamping itu tugas utama Kepala Jorong saat ini adalah bagaimana mengoptimalkan data raskin yang selama ini kurang tepat sasaran.Ditahun politik ini,Kepala Jorong harus meredam isu yang negatif di tengah masyarakat dan hindari politik adat. Terakhir lakukan pembinaan kader di kejorongan.

Sementara itu, Sekcam Luhak Nan Duo Resta Amelda Putri S.STP berharap dengan pelantikan Kepala Jorong ini,tercipta komunikasi yang baik antara pemuda, masyarakat dan perangkat nagari dengan baik.

"Jika hal ini terlaksana, seluruh program jorong dan nagari akan terlaksana dengan baik,"pintanya

Usai pelantikan, Walinagari Yulizar menyerahkan kunci sepeda motor kepada Kepala Jorong. Sepeda Motor itu digunakan untuk kepentingan Kepala Jorong dalam melaksanakan tugasnya di wilayahnya masing-masing. (Nor)
 
Top