Ekspos Sumbar (Padang)  - Calon Wakil Walikota Padang nomor urut 1 di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 Juni 2018, Desri Ayunda menghadiri sosialisasi Bank Sampah di Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Padang Selatan Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis, 12 April 2018. 

Koordinator Bank Sampah di daerah itu, Yovita Sari mengatakan, pihaknya mendirikan Bank Sampah tersebut untuk membantu kebersihan lingkungan. Selain itu, untuk membantu menambah pendapatan relawan kebersihan. Warga pun mendapatkan hasilnya dengan menyimpan samph selama sekali 6 bulan.  

"Saat ini ada 10 orang anggota 10 yang tergabung di Bank Sampah Mandiri ini. Harapan kami, jika Pak Emzalmi dan Pak Desri Ayunda terpilih dan menjadi pemimpin daerah ini, mohon menjadikan ini sebuah kebijakan, sehingga banyak Bank Sampah yang bisa didirikan di setiap kelurahan," ungkapnya. 

Desri Ayunda mengapresiasi relawan kebersihan yang telah mendirikan Bank Sampah tersebut. Ia mengatakan, persoalan sampah adalah persoalan krusial saat ini. Setiap hari masyarakat selalu membuang sampah sembarangan yang tidak bisa dipungkiri menimbulkan permasalahan lingkungan karena lingkungan menjadi kumuh dan mengakibatkan banjir disebabkan saluran tersumbat. 

"Tempat pembuangan sampah sementara dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampai saat ini belum menjadi solusi efektif karena kerena setiap hari volume sampah selalu bertambah. Untuk itu, kita berharap pengelolaan sampah ini harus didukung semua elemen masyarakat," ungkapnya.

Ia mengatakan, kepedulian ibu-ibu rumah tangga membuang sampah di tempat yang telah disediakan menjadi parameter keberhasilan Bank Sampah ini. Keberadaan Bank Sampah ini wajib didukung oleh pemerintah daerah. 

"Ya itu tadi, selain untuk meningkatkan pendapatnya relawan keberhasihan dan juga penghasilan tersendiri bagi ibu-ibu rumah tangga dengan sisa sampah rumah tangganya," urainya. 

Dikatakannya, relawan keberhasihan harus mendapatkan honor yang layak, karena mereka juga butuh makan. Keberadaan relawan kebersihan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kebersihan kota. Merekalah yang menjadikan kota ini bersih. Dan yang mau menjadi relawan kebersihan ini pasti orang-orang yang memiliki jiwa dan hati bersih. (TMC)
 
Top