Ekspos Sumbar (Pasbar) - Sekitar 1.500 orang siswa Sekolah Dasar (SD) se-Pasaman Barat (Pasbar) mengikuti kegiatan penyuluhan kesehatan Gigi dan Mulut di halaman kantor Bupati Pasbar, Rabu (7/11).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Pasbar bekerjadama dengan TP. PKK Pasbar dalam rangka peringatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional dan dibuka secara resmi oleh Bupati Pasbar, H. Syahiran.

Syahiran dalam sambutannya menyambut baik kegiatan tersebut. Namun kendati demikian, segala bentuk penyuluhan program yang menjadikan anak sebagai sasaran kegiatan harus melibatkan Orangtua siswa ataupun guru. 

"Saya harap kedepan program seperti ini melibatkan guru ataupun orangtua siswa, soalnya, sifat anak-anak yang lalai dalam menerima informasi kurang membantu dalam kesuksesan implementasi program kesehatan. Mereka butuh bimbingan dan dampingan  peran guru dan orangtua sangat penting," ujar Syahiran.

Bupati Syahiran memberikan apresiasi kepada PDGI Pasbar dan TP. PKK Pasbar yang telah memotori kegiatan tersebut. Penyuluhan kesehatan Gigi dan Mulut dipandang sangat bermanfaat dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Sementara Ketua TP. PKK Pasbar, Yunisra Syahiran menyampaikan bahwa penyuluhan kesehatan Gigi dan Mulut yang diadakan merupakan ajang edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga kesehatan Gigi dan Mulut.

"Kegiatan seperti ini sangat penting sebab sifatnya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana menjaga kesehatan Gigi dan Mulut," ucap Yunisra yang juga Caleg DPRD Sumbar.

Kegiatan tersebut lanjut Yunisra akan disinergikan dengan program pokok PKK Pokja IV, sehingga sosialisasi kesehatan Gigi dan Mulut dapat menjangkau masyarakat hingga ke tingkat kejorongan.

Ketua PDGI Pasbar, Yendri Saputra mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendorong kemandirian masyarakat untuk mewujudkan perilaku hidup sehat merupakan komitmen PDGI Pasbar. Hal itu ingin diwujudkan melalui kegiatan yang diadakan.

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para siswa SD rajin menggosok Gigi minimal dua kali sehari, pagi dan menjelang tidur malam," cetusnya. (Ron)
 
Top