Ekspos Sumbar (Pasbar) - Seluruh Pj Wali Nagari Persiapan dan Aparatur Pemerintahan Nagari yang bertugas di Pemerintahan Nagari Persiapan di Pasaman Barat (Pasbar) mengikuti Bimbingan Teknis, Selasa (13/11) di Padang.

Bimbingan teknis tersebut merupakan salah satu upaya dalam memaksimalkan proses penataan desa/nagari sebagai upaya pendekatan pelayanan dan pemerataan pembangunan di wilayah Kabupaten Pasaman Barat.

Bupati Pasaman Barat, H. Syahiran saat membuka secara resmi kegiatan Bimtek tersebut menyampaikan beberapa poin penting perihal penataan nagari diantaranya adalah penataan nagari merupakan keinginan bersama baik pemerintah daerah, nagari maupun masyarakat.

Disampaikan, dalam proses perjalanan penataan nagari, semua stakeholder memiliki peran masing-masing sesuai amanat Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa dan Permendagri Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Penataan Desa.

"Tujuan utama yang ingin kita capai adalah pendekatan pelayanan kepada masyarakat dan agar masyarakat dekat dengan wali nagarinya yang menjadi pemerintah terdepan dalam melayani masyarakat," ungkap Syahiran.

Selain itu, diteruskannya. Pemerataan pembangunan yang saat ini masih dikejar dan diupayakan meskipun dalam konteks keterbatasan anggaran. Dana Desa yang jumlahnya masih terbatas itulah yang dikelola seluruh nagari-nagari yang ada di Pasaman Barat.

"Kucuran Dana Desa dari pemerintah pusat merupakan harapan kita meskipun itu bukan tujuan utama dari penataan nagari. Tujuan utamanya tetap sebagai upaya pendekatan pelayanan kepada masyarakat," tegasnya.

Lanjut Syahiran, proses penataan nagari saat ini telah sampai kepada tahap penyelesaian persyaratan yang diamanatkan Permendagri. Awal November lalu, sebanyak 16 Peraturan Daerah Tentang Pembentukan Pemerintahan Nagari di Kabupaten Pasaman Barat telah disampaikan kepada DPRD dan sedang dalam proses pembahasan bersama Pansus.

Dengan demikian, progres kemajuan tahapan penataan nagari sudah mulai mencapai garis akhir. Oleh sebab itu, diminta kepada seluruh aparatur pemerintahan nagari agar semakin bersemangat dalam melengkapi seluruh kekurangan dokumen dan persyaratan yang diminta oleh Tim Penataan Nagari Kabupaten Pasaman Barat.

"Mudah-mudahan keinginan dan harapan kita bersama untuk mendefenitifkan nagari persiapan ini segera terwujud," harapnya.

Dalam kesempaten tersebut juga tampak hadir Asisten Bidang Pemerintahan Edy Murdani SH dan Kabag. Pemerintahan Nagari Jon Wilmar. (Ron)
 
Top