Ekspos Sumbar (Pasbar) - Jambore Pramuka Cabang II Pasaman Barat (Pasbar) tahun 2018,resmi dibuka Bupati Pasbar Drs H Syahiran, di Bumi Perkemahan Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum, Nagari Muara Kiawai Kecamatan Gunung Tuleh, Sabtu (10/11).

Bupati Syahiran menyampaikan apresiasinya kepada Ponpes Darul Ulum selaku tuan rumah atas pelaksanaan kegiatan Jambore ini.

Kegiatan ini merupakan tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya dan dapat membentuk pramuka yang sesuai dengan nilai-nilai yang tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

"Untuk itu diminta kepada seluruh anggota pramuka agar menjadi contoh ditengah masyarakat luas dalam hal kedisiplinan dan kerja keras," pintanya

Menurut Syahiran, kegiatan kepramukaan merupakan salah satu upaya yang dapat ditempuh dalam hal menciptakan karakter generasi penerus yang dapat menjawab tangan perkembangan zaman dengan berbagai persoalan yang muncul.

"Kegiatan pramuka ini bisa jadi upaya dalam hal membina karakter anak. Lingkungan pada saat ini sudah dalam kategori sangat membahayakan. Anak-anak harus benar-benar kita hindarkan dari semua dampak buruk lingkungan. Penggunaan gadget bagi anak juga harus diperhatikan," ungkapnya

Dekadensi moral selalu menjadi tantangan dari waktu ke waktu. Semoga lewat kegiatan pramuka ini ada hikmah yang bisa diraih anak-anak untuk menjadikan mereka lebih baik kedepannya.

"Diharapkan kepada para andalan, baik ditingkat Cabang, Ranting maupun yang berada di Gugus Depan untuk lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah untuk percepatan dalam pembentukan karakter kaum muda Indonesia," cetusnya. 

Pimpinan Pondok Pesantren Darul Ulum, Sarmin selaku tuan rumah kegiatan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan Pramuka Kwartir Cabang 0317 Pasbar yang telah mempercayakan keberlangsungan kegiatan ini di Pondok Pesantren ini

"Menjadi tuan rumah menjadi kebanggaan bagi kami. Semoga kegiatan ini berjalan sukses dan membawa perubahan karakter peserta," ucapnya.

Jambore Pramuka Cabang II Pasbar diikuti oleh 700 peserta dari Kwartir Ranting seluruh kecamatan yang ada di Pasbar dan akan berlangsung hingga 12 November mendatang. (Ron)
 
Top