Ekspos Sumbar (Padang) - Bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Padang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN IB) Padang melaksanakan kegiatan Annual International Conference Islamic  Economic And  Social Sciences I di Aula BI Padang, Rabu (28/11).

Kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka mensosialisasikan dan percepatan pelembagaan Ekonomi Syariah dan Bank Syariah. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor UIN IB Padang - Dr. Eka Putra Wirman, Lc, MA. 

Dalam sambutannya Eka Putra Wirman menyampaikan rasa bangga dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada pihak BI yang telah berpartisipasi dalam rangka mengangkatkan acara ini. 

"Mudah - mudahan ke depan kita semua semakin konsen dan berkomitmen tinggi dalam rangka mensosialisasikan Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah," ujarnya.

Sementara, Ahmad Wira, Ph. D (Dekan FEBI) dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegitatan semacam ini baru pertama kali dilaksanakan, mudah mudahan akan tetap berlanjut di masa-masa yang akan datang. 

Dapat difahami bahwa sampai saat ini Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah lebih maju di negara negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura dibandingkan dengan Indonesia, meskipun Indonesia berpenduduk muslim mayoritas. Hal ini disebabkan karena belum seayun selangkahnya semua steakholders yang ada di Indonesia dalam penerapan sistim Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah termasuk penduduknya.

Menurut Ahmad Wira, di Sumatera Barat sekarang sedang digodok Peraturan Daerah (Perda) tentang Wisata Halal di Sumatera Barat.

Hadir sebagai peserta para Dekan dan dosen FEBI  Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) seluruh Indonesia yng berjumlah 41 PTKIN, dosen dan mahasiswa FEBI UIN IB Padang. 

Bertindak sebagai Keynotspeak dalam kesempatan itu Irwan Zubir (BI Padang), nara sumber; Achmad Bukhori, Dr. Zulfan Tajuddin dari Western University Sydney-Australia, Abdul Mulki, SE, ACII, FIIS ( Asuransi ASKRIDA SYARIAH PADANG), Badan Pusat Statistik Padang, Dra. Hulwati, Ph. D (Dosen FEBI UIN IB Padang). (Getri Ardenis)
 
Top