Pembangunan Jembatan Leger Baja Jorong Talang Kuning dari DD

Ekspos Sumbar (Rabi Jonggor) - Penggunaan Dana Desa dan ADN untuk Nagari Rabi Jonggor  Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) tahun 2018 sudah terealisasi sepenuhnya seratus parsen.

"Semua pembangunan di Nagari Rabi Jonggor yang bersumber dari DD dan ADN tahun ini sudah bisa dinikmati oleh masyarakat, terutama infrastruktur jalan yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat," ujar Walinagari Rabi Jonggor Saherman SH didampingi Kaur Pembangunan Asrul Huda di kantornya, di Pasar Paraman Ampalu, Rabu (26/12)

Dikatakan Saherman, DD tahun ini berjumlah Rp 2.112.878.000, sedangkan ADN Rp 3.454.959.758. Dari jumlah tersebut untuk pembangunan yang bersumber dari DD Rp1.306.167.000. Sementara untuk ADN hanya diperuntuhkan untuk pembangunan sebesar Rp 715 juta.
Pembangunan Rabat Beton Jorong Rabi Jonggor dari DD

"Semua dana yang bersumber untuk pembangunan baik DD ataupun ADN sudah digunakan untuk pembangunan infrastruktur jalan, gedung dan rehab rumah."ujar Wali. 

Dalam mengelola dana ADN Dan DD terutama untuk pembangunan lanjut wali, pihaknya selalu transparan dan akuntabel dan tidak ada kongkalingkong dalam pengelolaan dana pembangunan maupun dana untuk kegiatan lainnya seperti pemberdayaan. 

"Setiap pembangunan sifatnya swakelola oleh masyarakat melalui TPK yang dibentuk oleh masyarakat. Jadi aliran dana pembangunan dari DD dan ADN sudah jelas peruntukannya," tegas Saherman.
Pembangunan Rabat Beton Jorong Paraman dari ADN 

Dengan adanya DD dan ADN ini, sangat membantu sekali pembangunan di nagari yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat nagari.

Sementara itu Kaur Pembangunan Asrul Huda menambahkan, dana pembangunan dari DD Rp 1.306.167.000 Itu diperuntukan untuk Pembangunan Rabat Beton Jalan Lingkar Pemukiman Jorong Paraman Rp 200 juta. 

Kemedian Pembangunan Rabat Beton Jalan Lingkar Aek Garingging Jorong Paraman Rp 300 juta. Pembangunan Irigasi Tersier Jorong Paraman Rp 200 juta. 
Pembangunan Rabat Beton Jorong Bulu Laga dari ADN

Pembangunan Rabat Beton dan Peningkatan Jembatan Jorong Kampung Pinang Rp200juta. Pembangunan Gedung TPA  Jorong Tanjuang Durian Rp 200juta Pembangunan Gedung Pondok Alquran Jorong Paraman Rp 200 juta.

Kemudian Pembangunan Jembatan Leger Baja Jorong Talang Kuning Rp 240 juta. Rehab Gedung Pertemuan  Nagari Rabi Jonggor Jorong Paraman Rp 76.170.000 dan Pembangunan Rumah Sehat Keluarga Miskin untuk 10 unit Rp 150juta. 

Sedangkan ADN untuk pembangunan sebesar Rp715 juta itu dengan rincian Pembukaan Jalan Usaha Tani Jorong Sungai Magelang Rp 240 juta. Pembangunan Jalan Rabat Beton Ulu Bondar Jorong Paraman Rp 80 juta
Bedah Rumah Untuk Masyarakat Miskin dari DD

Pembangunan Rabat Beton Jalan Lingkar Pemukiman Jorong Bandar Rp 200 juta. Pembangunan Rabat Beton Jalan Usaha Tani Jorong Bulu Laga Rp 170 juta. Pembangunan Irigasi Tersier Rp 25 juta. Kemudian Pembangunan 30 unit Jamban Keluarga Miskin Rp 90 juta
Pembangunan Pondok Al Quran di Jorong Paraman dari DD

"Seluruh pembangunan tersebut sudah terealisasi seratus parsen dan sudah bisa dinikmati oleh masyarakat nagari," ucap Asrul Huda mengakiri. (Ron)
 
Top