Ekspos Sumbar (Pasbar) - Sebanyak 27 orang mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Bp 2016, melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagari Muaro Kiawai, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), selama 40 hari dari tanggal 2 Juni hingga 9 Agustus 2019.

Rombongan peserta KKN yang di pimpin langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan KKN Unand 2019 Iwan Setiawan secara resmi diterima oleh Sekna Muaro Kiawai Mansur, Kamis (20/6).

Sekna Mansur dalam sambutannya, menyampaikan selamat datang para mahasiswa KKN dan pembimbing dari Unand yang telah menetapkan Nagari Muaro Kiawai sebagai daerah sebagai lokasi KKN.

"Semoga selama melaksanakan tugas Tri Darma Perguruan Tinggi di bidang pengabdian masyarakat, bisa membantu masyarakat dengan berbagai hal positif untuk kemajuan Nagari terutama masalah stanting," ujar Sekna

Dosen pembimbing Iwan Setiawan mengucapkan terima kasih atas sambutan dan dukungan dari Pemerintah Nagari Muaro Kiaeai serta para kepala jorong yang telah mau menerima mahasiswa untuk menjalankan kuliah kerja nyata.

"Tujuan dari KKN, merupakan bagian dari mewujudkan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pada bidang pengabdian masyarakat. Kemudian membantu menerapkan ilmu pengetahuan teknologi dan seni yang telah dipelajari di bangku perkuliahan dan memberikan manfaat bagi masyarakat," sebutnya.

KKN ini lanjutnya ada kegiatan kegiatan mahasiswa yang telah di pelajari selama kuliah diantaranya masalah stanting, kebersihan lingkungan, sosialisasi hukum dan profil nagari.

"Dengan adanya kegiatan tersebut, mahasiswa mengenali berbagai masalah yang dihadapi masyarakat sekaligus membantu mencarikan solusi yang tepat sesuai spesifikasi keilmuan yang diperoleh di perguruan tinggi," ungkapnya.

Diharapkan kepada mahasiswa yang ber KKN di Nagari ini bisa memberikan kontribusi yang besar terhadap perkembangan nagari dan memberikan contoh dan tingkah laku yang baik kepada masyarakat nagari.

Ke 27 mahasiswa tersebut terdiri dari 10 Fakultas yakni Fakultas Kedokteran, Hukum, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Ekonomi, Fisip, Ilmu Budaya, Pertanian, Peternakan, Fmipa, Teknik dan Sistem Informasi. (Ron)
 
Top