Ekspos Sumbar (50 Kota) - Sukses merebut predikat terbaik di Provinsi Sumatera Barat, Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota melaju ke lomba nagari/desa tingkat nasional tahun 2019. Dengan prestasi dan inovasinya, Taram optimis mampu menempati posisi nagari/desa berprestasi terbaik di nusantara ini

“Dengan berbagai keunggulan dan inovasi yang dimiliki, kami optimis Taram tampil menjadi yang terbaik di nasional tahun 2019 ini,” yakin Wali Nagari Taram Defrianto Ifkar dalam sambutannya di hadapan penilai lomba nagari/desa berprestasi tingkat nasional yang diketuai, Raden Roro Devriana Delvi didampingi Elly Rahmawati, Marzini Bur, dan Amelinda Ayu di Taram, Selasa (16/7).

Menurutnya, beberapa inovasi yang telah dilakukan di nagari itu bertujuan untuk meningkatkan pembangunan di berbagai aspek mulai dari aspek kesehatan, pertanian, pendidikan, dan kepariwisataan. Berbagai inovasi tersebut cukup memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

"Masih banyak potensi yang bisa diwujudkan di nagari ini. Seperti peningkatan sumber daya manusia melalui bidang pendidikan dan kesehatan," ujar Defrianto.

Sebelumnya, ketua tim penilai lomba nagari/desa berprestasi regional/nasional, Raden Roro Dervi Diana dalam sambutannya mengatakan, penilain itu merupakan lanjutan dari penilai desa berprestasi tingkat provinsi. 

"Kedatangan kami ke sini untuk mengklarifikasi data yang sudah dikirim ke pusat. Terimakasih dan apresiasi kepada jajaran provinsi/kota dan seluruh masyarakat yang telah berjuang menyiapkan semua ini, sehingga masuk kedalam lomba desa nasional regional satu," tutur Raden. 

Menurutnya, keberhasilan Nagari Taram masuk ke dalam lomba desa berprestasi regional nasional merupakan sebuah kebanggaan bagi amsyarakat Limapuluh Kota. Sebab, saat ini Taram sudah tercatat sebagai desa/nagari 5 besar terbaik dari 10 Provinsi di tingkat regional. 

"Ini prestasi yang luar biasa, termasuk dukungan dari kepala daerah. Semoga kedepannya nagari ini bisa menjadi yang terbaik," harapnya. 

Dikatakannya, lomba nagari/desa berpresi ini antara lain bertujuan untuk mengoptimalkan dan mengevaluasi potensi yang ada di desa, serta usaha pembangunan yang dilaksanakan dan mewujudkan peningkatan kualitas masyarakat pada aspek penyelenggaraan pemerintahan pembangunan kewilayahan.

"Termasuk pembinaan kemasyarakatan dan wahana apresiasi berupa penghargaan dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah kepada pemerintah desa dan kelurahan atas prestasi yang telah dicapai dalam memajukan desa dan kelurahan," ungkapnya. 

Menurutnya, dalam lomba ini tim penilai akan memperdalam penilaian terkait dengan tata kelola pemerintahan kewilayahan dan kemasyarakatan serta inisiatif inovasi yang telah dilakukan desa untuk mendorong pengembangan pelayanan publik, penataan kewilayahan kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat maupun produk-produk unggulan yang telah dikembangkan di desa. 

Ia berharap, usai lomba ini pemerintah daerah tetap secara terus-menerus dan berkelanjutan melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap Nagari Taram

. "Apapun hasil dari penilaian nantinya, besar harapan kami agar desa atau kelurahan yang telah menjadi juara tingkat provinsi ini terus tertata ke arah yang lebih baik lagi. Selain itu juga diharapkan adanya peningkatan kinerja pemerintahan kewilayahan dan kemasyarakatan dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Sehingga menjadi contoh dan tauladan bagi desa dan kelurahan lain," paparnya.

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutannya berharap Nagari Taram menjadi terbaik di tingkat Nasional. Menurutnya, beberapa inovasi dan program yang telah diciptakan peeerintahan nagari ini sangat patut membuat Taram menjadi nagri/desa berprestasi di Sumatera Barat. 

"Telah banyak kontribusi positif yang diberikan Nagari Taram terhadap masyarakatnya. Kita sangat mengapresiasi hal itu karena dampaknya sudah dirasakan masyarakat terutama di bidang perekonomian yang senantiasa berjalan baik," ungkap Bupati Irfendi Arbi sembari menyatakan yakin inovasi dan program yang dilakukan selama ini akan mengatarkan Nagari Taram menjadi nomor satu di Indonesia.

Dalam kesempatan itu Bupati Irfendi Arbi juga mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat dan semua pihak yang memberikan dukungan, sehingga Nagari Taram dinilai tim penilai nagari/desa berprestasi tingkat nasional.

“Lomba tingkat naional ini diharapkan akan semakin memotivasi dan memacu Nagari Taram untuk melakukan berbagai inovasi dan meningkatkan sumber daya manusia, guna membangun dan memajukan nagarinya,” simpul Irfendi. (her)
 
Top