Bunda PAUD Kota Payakumbuh, Henny Riza Falepi meletakan batu pertama pembangunan Gedung PAUD Percontohan di Kelurahan Tiakar, Payakumbuh Timur
Payakumbuh - Berbagai upaya Pemko Payakumbuh untuk menjuluk dana dari Pemerintah Pusat terus membuahkan hasil. Kali ini Gedung PAUD percontohan dibangun di Kelurahan Tiakar, Payakumbuh Timur. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Bunda PAUD Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi bersama Asisten I Setdako Yoherman, Kadis Pendidikan diwakili Sekretaris Dasril, serta jajaran Pemko lainnya, Selasa (30/7).

Sekretaris Disdik Dasril mengatakan, Payakumbuh mendapatkan dana dari Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, Kemendikbud RI sebesar Rp 1.130.000.000 untuk pembangunan gedung PAUD ini beserta Alat Permainan dan Edukasi (APE). 

"Kota Payakumbuh menjadi satu-satunya di Pulau Sumatera yang bakal memiliki PAUD Pecontohan. Anggaran pembangunan PAUD ini adalah bentuk apresiasi kementerian kepada prestasi pendidikan di Payakumbuh," tuturnya.

Bunda PAUD Henny Riza Falepi mengatakan, butuh perjuangan selama setahun lebih untuk mewujudkan dimulainya pembangunan ini. Awal 2018 lalu, Payakumbuh sudah mengajukan diri namun terkendala lahan. 

"Namun, untuk 2019, alhamdulilah telah memiliki lahan dan kementerian menyetujui rencana pembangunan," ucapnya.

Peraih gelar doktor di ITB itu menyampaikan, dirinya sebagai Bunda PAUD akan terus berusaha meningkatkan kualitas PAUD di Kota Payakumbuh. "Untuk guru PAUD, di level mahir belum ada acuannya di Kementerian, sedangkan di Dinas Pendidikan kita sudah dianggarkan. 

Sehingga pendidik PAUD yang disertifikasi akan lebih banyak lagi di Payakumbuh. Kami ingin mereka mengikuti ujian kompetensi, untuk meningkatkan mutu pendidikan sejalan dengan peningkatan sarana dan insentifnya juga," tutur Henny.

Sementara itu, Asisten I Yoherman berharap, pembangunan PAUD Percontohan ini benar-benar dapat menjadi acuan dari peningkatan pendidikan generasi muda sejak dini di Kota Payakumbuh, dan peningkatan itu harus sejalan juga dengan kualitas pendidik di dalamnya.

"Wali Kota benar-benar perhatian dan menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan mutu pendidikan, dapat kita lihat dari prestasi yang setiap tahun diraih baik di tingkat Provinsi maupun Nasional. Maka tidak salah apabila pemerintah pusat memberi kita amanah lebih," kata Yoherman.

Pembangunan gedung PAUD Percontohan dengan luas bangunan lebih kurang 350 m², fasilitas 3 ruang kelas, 2 kamar mandi, dapur, gudang, ruang penjaga, ruang pustaka, ruang tamu, ruang kepala sekolah dan guru, serta ruang konsultasi dan UKS, ditargetkan akan selesai selama 120 hari ke depan. (Her)
 
Top