Ekspos Sumbar (50 Kota) - Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi mengapresiasi dan berterimakasih terhadap program TNI Manunggal Membangun Nagari (TMMN) yang digelar Kodim 0306-50 Kota. Sebab, kegiatan itu betul-betul menyentuh urat nadi perekonomian masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Irfendi saat membuka secara resmi program Pra-TMMN ke-106 Kodim 0306-50Kota di Nagari Situjuah Ladang Laweh, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Senin (15/7).

"Saya sangat mengapresiasi pihak TNI, karena program TMMN TNI ini langsung menyentuh urat nadi perekonomian masyarakat yaitu berupa infrastruktur jalan," ujar Bupati.

Dikatakan, ia sangat mendukung kegiatan bakti TNI tersebut dan berharap kegiatan serupa terus terlaksana di daerah ini. Ia juga menghimbau masyarakat Nagari Situjuah Ladang Laweh yang menjadi lokasi TMMN mendukung pihak TNI dalam pengerjaan pembukaan insfrastruktur jalan untuk masyarakat tersebut.

"Kita berharap kegiatan TMMN ini terus dilakukan dan ditingkatkan lagi. Sebab, kegiatan ini betul-betul memberikan dampak bagi peningkatan kesejahteraan dan taraf perekonomian masyarakat serta peningkatan pembangunan daerah," pintanya.

Sebelumnya, Dandim 0306-50 Kota Letkol. Kav Solikhin, S.Sos,MM, dalam laporan menyebut, kegiatan TMMN ini dilaksanakan lebih awal karena mengingat kondisi cuaca di Kabupaten Limapuluh Kota dewasa ini dengan curah hujan tinggi yang bisa memperlambat pengerjaan kegiatan.

"Mengingat kondisi cuaca dewasa ini yang tidak menentu dan senantiasa diwarnai curah hujan tinggi yang dapat menghambat proses pengwejaa. Pemvukaan jalan baru ini,
maka kami mengambil inisiatif memajukan kegiatan yang direncanakan dimulai pada bulan Oktober menjadi bulan Juli ini," terang Dandim.

Dikatakan, program TMMN ke 106 ini akan membuka insfrastruktur berupa jalan baru yang akan menghubungkan Nagari Situjuah Ladang Laweh dengan Jorong Sialang, Nagari Tungkar dengan panjang berkisar 9 Km.

Lebih lanjut dipaparkan, sasaran kegiatan TMMN ini terbagi dua yaitu kegiatan fisik dan kegiatan non fisik bekerjasama dengan seluruh lintas sektoral di Kabupaten Limapuluh Kota.

"Sasaran kegiatan fisik berupa pembukaan jalan yang kita kerjakan saat ini. Selain itu juga ada kegiatan pembangunan rumah layak huni bersama OPD terkait sebanyak 4 unit dan pengerjaan jembatan. Sedangkan kegiatan non fisik diantaranya berupa kegiatan sosialisasi bekerjasama dengan BNN, Dinas Sosial yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang," terangnya.

Untuk suksesnya kegiatan manunggal TNI tersebut, ia berharap dukungan seluruh elemen masyarakat di Nagari Situjuah Ladang Laweh.

Sementara itu, Wali Nagari Situjuah Ladang Laweh, Mawardi dt Sindaro Paneh mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Limapuluh Kota dan TNI yang telah memilih Nagari Situjuah Ladang Laweh dalam menjalankan program TMMN ke 106 tersebut.

"Ini merupakan suatu anugerah bagi kami. Sebab, kami telah sangat lama mendambakan kehadiran jalan TMMN ini. Alhamdulillah pada kepemimpinan Bapak Bupati Irfendi Arbi program berjalan dapat terealisasikan, terimakasih pak, kami mendoakan semoga bapak dapat kembali melanjutkan kepemimpinan di kabupaten Limapuluh Kota ini kedepannya ," tutur Mawardi swmbari mengucapkan terima kasih kepada Dandim 0306-50 Kota dan jajarannya yang telah menjalankan program TMMN ke 106 tersebut.

Pereamian kegiatan TMMN ke-106 Kodim 0306-50 Kota tersebut ditandai bupati Irfendi Arbi dengan memecahkan kendi ke alat berat yang akan bekerja kerja membuka infrastruktur jalan tersebut. (her)
 
Top