Padang - Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang, Azwar Siri mendukung peran serta dari orang tua murid dalam kegiatan yang ada di sekolah. Menurutnya dengan adanya kegiatan sekolah yang butuh bantuan wali murid itu dalam bentuk sumbangan sukarela.

Dijelaskan, dunia pendidikan tanpa adanya peran serta dari orang tua murid, itu tidak akan mampu menjadi baik. Maka dalam hal tersebut, pihak sekolah mesti kerjasama dengan orang tua murid.

Seperti, adanya kegiatan disekolah yang butuh sumbangan dari orang tua murid. Cuma dalam hal ini namanya sumbangan sukarela dan tidak dipaksakan," ujar Azwar Siri, Jumat (4/10).

Lebihlanjut disebutkan, adanya sumbangan kepada orang tua murid, itu tidak dalam bentuk paksaan. Tidak dalam bentuk jumlah yang sama. Misalkan, si A 100 dan si B 50, tentu itu sesuai dengan kemampuan si orang tua murid dan itu tidak masalah.

"Cuma kadang kadang ini terkesan dipaksakan, yang itu tidak boleh. Kalau itu kesediaan atau kemauan, boleh boleh saja," ujar Mantan Kepala BKD ini.

Disentil Azwar Siri, yang susah itu uang diterima, namun kejelasan kemana kegunaannya itu yang tidak ada. Kalau dapat, dana yang dipungut sekolah itu jelas kemana direalisasikan dan bisa dipertanggungjawabkan.

Dan perlu diingat, orang tua murid ingin penjelasan secara terbuka, dengan pertanggungjawaban kemana akan direalisasikan sumbangan tersebut, serta kegunaannya, jelas mereka tidak akan keberatan," pungkas Anggota Fraksi Demokrat tersebut. (Arman)
 
Top