Padang - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang melakukan Uji Rencana Kontijensi Bencana Tsunami, Selasa (12/10) dengan tema "Melalui Rencana Uji Kontijensi, Kita Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana Tsunami Untuk Menjadikan Padang Sebagai Kota Cerdas Bencana" yang dibuka secara resmi oleh Kalaksa BPBD Kota Padang, Edi Hasymi.

Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 12 hingga 15 November 2019.

Kalak BPBD Kota Padang, Edi Hasymi pada acara tersebut menyebutkan, kegiatan ini merupakan skenario yang kita susun dua tahun yang lalu. Sekiranya padang terjadi gempa yang besar disertai tsunami, kemudian semua infrastukturnya rusak, bagaimana kita mensiasati atau merespon kondisi yang demikian.

"Apa yang mesti dipersiapkan dalam penanganan situasi darurat. Ini yang kita susun, nanti diskenaiokan disini pengujiannya," katanya

Edi Hasymi menjelaskan, kalau nantinya bencana terjadi, skenario ini yang akan kita jadikan patokan. Siapa nantinya yang akan berbuat apa dan siapa yang akan melakukan apa, itu nanti yang akan kita ujikan.

Sementara Kabid PK BPBD Kota Padang, Henry mengatakan, kegiatan ini adalah kesiapan dari aparatur pemerintah dalam mengantisipasi bencana. Dengan koordinasi yang terbuka, siapa yang bertanggungjawab apa dan siapa yang memegang sektor mana.

Dan kegiatan ini lebih menguji dalam kesiapan pemerintah bersama stakeholder dalam merespon seandai bencana dan tsunami terjadi. Tindak lanjut kegiatan ini kedepannya, nanti akan diambil saran dan masukan dari kegiatan yang berlangsung," pungkasnya. (Arman)
 
Top