Limapuluh Kota - Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi terima studi lapangan Madya Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sumatera Barat Prodi Keuangan Publik di Lima Puluh Kota tentang Implementasi E-Bugdeting dan E-Planning di rumah dinas Bupati Labuah Silang Payakumbuh, Rabu (27/11).

"Aplikasi E-Planning dan E-Budgeting saat ini menjadi komponen penting dalam menentukan sistem perencanaan dan penyusunan anggaran pembangunan daerah yang terintegrasi dan transparansi," ujarnya.

Disebut Irfendi Arbi, aplikasi komputer berbasis web tersebut sangat membantu dalam kegiatan perencanaan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah. Sehingga penggunaan anggaran lebih efektif dan efisien.

“Tulis, setiap apa yang kita kerjakan tulis, biasakan menulis sehingga menjadi menciptakan hal-hal besar. Kemudian identifikasi masalah, kita cari permasalahannya apa kelemahannya setelah itu kita rumuskan dan selesaikan dengan baik. Kedepan semua permasalah sudah dapat kita antisipasi," pungkas Irfendi Arbi

Kesempatan itu, Direktur Institut Pemerintahan Dalam Negeri Kampus Sumbar, Tun Husen mengatakan, dipilihnya Kabupaten Limapuluh Kota sebagai studi lapangan karena telah dinilai terbaik dalam pelaksanaan e-Bugdeting dan e-Planning dalam mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel. 

"Bugdeting dan e-Planning Kabupaten Limapuluh Kota dalam menyusun APBD nanti dibawa ke kampus dijadikan koseptual diberi ruang diskusi dan dikembangkan," ujar Tun Husen.

Begitu besar tantangan kedepan dengan telah diterapkannya aplikasi-aplikasi yang terus berkembang e-Bugdeting dan e-Planning dan e-Controling.

"Tidak kalah penting diterapkan pada Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) adalah etitude (etika) sebagai pembentuk karakter. Ini sudah kita laksanakan," pungkas Tun Husen. (Her)
 
Top