Pasaman Barat - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dari Partai Gerindra, Khairudin Simanjuntak, pulang kampung ke Dapil 4 Sumbar meliputi Pasaman dan Pasbar dalam rangka reses dan sekaligus menjemput Aspirasi masyarakat

Khairudin Simanjuntak Putra Batak -Melayu Kelahiran Tanah Minang yang menjunjung Filosi Rang Minang "Dima Bumi Dipijak, Disitu Langik Dijunjuang" berada di Komisi 5 DPRD Sumbar yang membidangi Kesehatan, Pendidikan dan Kesra langsung mengadakan silaturahmi dan langsung menyerap aspirasi masyarakat dapil 4 Sumbar khususnya Kabupaten Pasbar di Kantor Gerindra Pasbar, Jumat (8/11).

Dikatakan Khairudin,masa reses anggota dewan adalah masa kegiatan DPRD di luar kegiatan masa sidang dan di luar gedung. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, masa reses mengikuti masa persidangan, yang dilakukan sebanyak 3 kali dalam setahun atau sebanyak14 kali reses dalam periode 5 tahun masa jabatan DPRD.

Setelah reses, seluruh anggota dewan akan menyampaikan hasil reses anggota dewan yang merupakan aspirasi masyarakat pada masing-masing daerah. Selanjutnya, aspirasi masyarakat akan diakomodir dan sesuai dengan program-program pemerintah agar masuk dalam APBD Sumbar.

"Laporan reses ini akan dilaporkan dalam rapat paripurna, kemudian seluruh laporan hasil reses diserahkan kepada Gubernur," terangnya.

Reses anggota dewan diatur Peraturan Pemerintah PP Nomor 16 tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tentang Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

"Reses juga diatur Pasal 36 (f) PP 25/2004 menyatakan Anggota DPRD mempunyai kewajiban menyerap, menghimpun, menampung, dan menindaklanluti aspirasi masyarakat," papar

Selain itu Dia menyebutkan, dalam resesnya ke Pasbar khususnya Nagari Lingkuang Aua, Nagari Muaro Kiawai dan Nagari Sungai Aur dengan tujuan untuk menjemput aspirasi khusus dibidang pendidikan, kesehatan dan kesra.

"Melalui reses inilah bisa bertatap muka dengan masyarakat dan mendengar langsung keluhan yang dihadapi masyarakat sesuai bidang yang ditempati di DPRD Sumbar," tegasnya.

Mudah-mudahan resesnya ke Pasbar selama dua hari ini, akan ada aspirasi atau keluhan yang akan dibahasnya di DPRD nantinya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPC partai Gerindra Pasaman Barat  Muhammad Saipul Anwar mengatakan, mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPRD Sumbar dari Gerindra Khairudin Simanjuntak yang telah mengunjungi Pasbar dalam rangka reses.

"Kembalinya Mantan Anggota DPRD Pasaman dua periode itu ke Padang, tentu membawa oleh oleh dari Pasbar untuk dibahas nantinya di DPRD Sumbar dan dituangkannya dalam bentuk pokir DPRD Sumbar. Hasil Pokir itulah bisa dinikmati, dirasakan oleh masyarakat Pasbar," pintanya. (Ron)
 
Top