Pemenang LDS dan Kampung Quran Tingkat Kota Payakumbuh Diumumkan


Payakumbuh - Untuk meningkatkan kualitas didikan subuh dan kampung Quran di Kota Payakumbuh, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) di Sekretariat Daerah melaksanakan lomba didikan subuh dan kampung Quran berprestasi tahun 2019. 

Penilaian lomba didikan subuh telah berlangsung dari tanggal 13 Oktober - 10 November 2019, dan penilaian lomba kampung Quran 17 Oktober - 13 November.

Dan untuk kampung Quran ini sudah dilakukan pembinaan bagi pengurusnya selama tiga tahun dan dengan dilaksanakannya lomba ini kita dapat melihat hasil apa yang telah di dapat selama pembinaan berlangsung”, ucap Kepala Bagian Kesra Ul Fachri saat ditemui Humas Kominfo setelah kegiatan penyerahan hadiah lomba di aula Ngalau Indah lantai III Balaikota baru ex. Poliko, Kamis (5/12).

“Serta pemenang lomba didikan subuh di tingkat Kota Payakumbuh ini nantinya akan mewakili kota Payakumbuh ke tingkat Provinsi yang akan berlangsung di tahun 2020 nanti," tambahnya lagi.

Basis kampung Quran kota Payakumbuh saat ini berada di nagari Payobasung yang dibina oleh KAN, Kemenag, Kecamatan Payakumbuh Timur dan Bagian Kesra yang telah dimulai pada tahun 2017 lalu.

“Untuk kampung Quran yang ada saat ini akan kita bina dan bimbing selama tiga tahun dan setelah itu akan kita cari lagi basis kampung Quran yang baru untuk dibina lagi, dan begitu seterusnya sehingga nanti targetnya kota Payakumbuh seutuhnya dapat menjadi kampung Quran," ungkap Ul.

Adapun untuk peraih nilai terbaik pada lomba didikan subuh tahun 2019 ada 5 TPQ yang mewakili dari setiap kecamatannya yakni :

TPQ Nurul Ikhlas (Kelurahan Koto Baru Payobasung Kecamatan Payakumbuh Timur), MDTA Muhsinin (Kelurahan Tigo Koto Diateh Kecamatan Payakumbuh Utara), TPQ Al Muqarrohmah (Kelurahan Padang Tinggi Piliang Kecamatan Payakumbuh Barat), TPQ Al Mubarak (Kelurahan Koto Panjang Padang Kecamatan Lamposi Tigo Nagori), TPQ Masjid Istiqomah (Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh Selatan).

Dan pemenang lomba kampung Quran tahun 2019 terbagi dalam 3 kategori lomba diantaranya :

Kategori Subuh berjamaah dan maghrib mengaji tergiat yakni : Mesjid Nurul Falah (Kelurahan Koto Baru Payobasung), Mesjid Baiturrahman (Kelurahan Payobasung), Mesjid Baiturrahim (Kelurahan Koto Panjang Payobasung).

Kategori Administrasi TPQ terbaik yakni : TPQ Toriqul Jannah (Kelurahan     Payobasung), TPQ Nur Ukhlas (Kelurahan Koto Baru Payobasung), TPQ Baiturrahim (Kelurahan Koto Panjang Payobasung).

Kategori Lomba Tahfiz juz 30 tingkat anak-anak : Putra Muhammad Hamzah, Putri Nur Kasidabila

Dalam meningkatkan semangat dan untuk menyemarakkan kampung Quran, maka pemerintah kota Payakumbuh melaksanakan lomba penilaian kampung Quran ini setiap tahunnya.

“Dan Pemko juga menggagas program 1820, yang mana program ini berfokus agar anak nantinya dapat melaksanakan maghrib mengaji di mesjid maupun di rumahnya, dimana hal ini tentunya harus dibimbing langsung oleh orang tua agar si anak benar-benar melaksanakan program ini," pungkas Ul. (Her)
Label:
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.