Resmikan Balai IPPF, Irwan Basir : Semoga Menjadi Garda Terdepan Dalam Penanganan Masalahan Sosial 

Irwan Basir Datuk Rajo Alam resmikan Balai Forum Keserasian Sosial IPPF

Padang - Irwan Basir Datuk Rajo Alam meresmikan Balai Forum Keserasian Sosial Ikatan Pemuda Pemudi Filano (IPPF) Kompleks Filano Mandiri di RT.01/RW.02, Kelurahan Perupuk Tabing, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang Sumatera Barat, Kamis 26 Desember 2019. 

"Ini merupakan wilayah yang mendapat alokasi dana keserasian sosial dari Dinas Sosial Sumatera Barat yang bersumber dari Kemensos RI. Forum Keserasian Sosial (FKS) menjadi wadah masyarakat dalam menampung aspirasi. Bahkan bisa menjadi garda terdepan dalam penanganan permasalahan sosial, termasuk mencegah adanya konflik di masyarakat," kata Kabid Linjamsos Pro.Sumbar, Irwan Basir dalam sambutannya. 

Ia menyebutkan, keberagaman di masyarakat harus menjadi potensi dalam pembangunan seperti yang telah dicontohkan oleh nenek moyang bangsa ini. Walaupun berbeda namun tetap satu seperti halnya Bhineka Tunggal Ika," Bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang aman, damai, dan sejahtera". 

Forum Keserasian Sosial bisa mewujudkan masyarakat yang harmonis dan memiliki jiwa sosial tinggi di Kota Padang maupun di Sumatera Barat," ungkap Irwan Basir.

Irwan Basir dalam rangkaian acara peresmian  Balai Forum Keserasian Sosial IPPF

Ia berharap silaturahim ini dapat terus terjaga dalam penyampaian aspirasi masyarakat ke pemerintah, serta sinergitas Program - program yang dicanangkan oleh pusat. 

"Forum keserasian sosial ini merupakan bentukan dari Kementerian Sosial RI dalam menjalankan amanat konstitusi yang tertuang dalam Undang - undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial. UU itu diperkuat kembali dengan adanya Peraturan Pemerintah (PP) yang ditandatangani Presiden Republik Indonesia Jokowi, yakni PP Nomor 2 Tahun 2015," terangnya. 

Ketua DPD LPM Kota Padang tersebut menyampaikan, forum ini dibentuk sebagai sarana fasilitator kepada pemerintah daerah untuk meminimalisasi adanya Potensi - pontensi konflik di daerah. Forum Keserasian Sosial sesuai dengan amanat konsititusi yang berlaku mengacu pada program kerja Direktorat Sosial Kementerian Sosial RI. 

"Oleh karenanya forum ini akan rutin bertemu bersama unsur masyarakat untuk berdiskusi soal isu - isu yang sedang aktual di masyarakat dan juga masalah sosial," ucapnya.  
Dalam acara meresmikan balai Pemuda - pemudi forum keserasian sosial di hadiri oleh: Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, Ninik Mamak, Bundo Kanduang, Lurah Perupuk Tabing, Camat Koto Tangah, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Sosial Kota Padang. (Rel)
Label:
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.