Bekerja Sama Dengan Dinas Pariwisata, IPSI Bakal Gelar Urak Balabek

Suasana rapat Urak Balabek

Padang - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang bekerjasama dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Padang bakal menggelar Urak Balabek pada tanggal 27-29 Februari 2020.

Untuk mematangkan persiapan kegiatan yang kental nuansa tradisi tersebut, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang dan IPSI Kota Padang menggelar rapat bersama stakeholder terkait.

Hadir pada rapat itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Arfian, anggota Komisi IV DPRD Kota Padang yang juga Ketua IPSI Kota Padang Zulhardi Zakari Latif, Sekcam Kuranji Harnoldi, Ketua IPSI Kuranji Erman Jamal, ninik mamak dan Lurah se Kecamatan Kuranji.

"Urak Balabek merupakan tradisi pengangkatan guru silek di Pauh, baik itu Pauh IX dan Pauh V Kota Padang. Acara pun kita awali dengan prosesi arak-arakan dengan bendi dari kantor KAN Pauh V ke Pauh IX," ungkap Zulhardi Z Latif, Kamis (6/2).

Untuk kesuksesan kegiatan itu, kata Zulhardi, dibutuhkan kerjasama semua pihak. "Dibutuhkan dukungan kita bersama untuk kesuksesan kegiatan ini," cakapnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Arfian berharap, kegiatan Urak Balabek yang akan digelar ada nuansa pariwisatanya, yaitu pariwisata budaya.

Ia mengatakan, kegiatan Urak Balabek kali ini difasilitasi melalui Pokok-pokok pikiran anggota DPRD Kota Padang Zulhardi Zakaria Latif.

"Kedepan insya Allah akan kita anggarkan dalam bentuk kegiatan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang," ujarnya. 

Dikatakan Arfian, pihaknya mencoba untuk menghidupkan kembali tradisi dan budaya yang ada di Kota Padang dalam rangka pelestarian adat dan budaya yang ada.

"Kita coba untuk merangkul Pokir-pokir anggota dewan lain, tak hanya Pokir Buya Zulhardi Latif. Dan kita pun berupaya untuk menganggarkannya," ujarnya. (Arman/By)
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.