Pemberian Sertifikat Sebagai Dokter Kecil oleh Camat Padang Barat, Ery Senjaya

Padang - Dokter Kecil dari gabungan sekolah dasar, SdN 02, SdN 08 dan SdN 16 dilantik Camat Padang Barat, Kamis (27/2). Kepala Sekolah SdN 16 Sulistiani menyebutkan, Dokter Kecil ini untuk membentuk kader kesehatan di usia dini. Bagaimana melatih anak-anak dari sekolah dasar memahami tentang kesehatan.

Maka, lahir keinginan bersama 3 Kepsek SdN 02, 08 dan 16 ini untuk melakukan pelatihan terhadap anak anak oleh Puskesmas Padang Pasir. Diusulkan ke puskesmas, disetujui, dilakukan pelatihan kepada anak sebanyak 3 kali, setiap hari sabtu," ujarnya.

Sulistiani menjelaskan, Dokter Kecil ini dilantik sebanyak 36 orang siswa. 10 orang siswa dari SdN 02, 10 orang siswa dari SdN 08 dan sebanyak 16 orang dari SdN 16. Terdiri dari kelas 3,4 dan 5 yang menjadi duta kesehatan ini supaya ada pula kader untuk anak anak tentang kesehatan.

Kesempatan itu, Kepala Sekolah SdN 08 Yulibar menyampaikan, Dokter Kecil ini menumbuh kembangkan perilaku sejak dini terhadap pentingnya arti kesehatan oleh siswa-siswi, tidak saja dilingkungan sekolah. Namun juga bagaimana anak-anak ini bisa mengimplementasikan dirumah.

"Disekolah ada wadahnya, yaitu Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Dengan adanya wadah ini, kita lakukan pembinaan-pembinaan. Maka kita didik lah anak kita dengan satu program bernama Dokter Kecil yang menjadi duta kesehatan bagi murid lainnya," pungkasnya.

Kepala SdN 02 Novrianita Deni menambahkan, program Dokter Kecil ini merupakan kerja sama dari 3 sekolah dasar ini. Apapun kegiatan yang ada kami saling dukung. 

"Harapan kita, agar anak-anak ini dapat menjaga kebersihan dilingkungannya, dengan dimulai dari diri mereka terlebih dahulu. Dengan memberikan pelatihan-pelatihan dokter kecil yang dibantu puskesmas dan dilaksanakan pada saat belajar extra kurikuler setiap sabtu," pungkasnya.

Sementara Camat Padang Barat, Eri Senjaya berharap, perilaku pola hidup bersih dan sehat harus diawali se dini mungkin. Jika sejak dini diberikan pemahaman tentang bagaimana memelihara pola hidup sehat dan bersih, maka anak-anak kita ini akan terbiasa nantinya.

"Kita dikecamatan Padang Barat mamang ada dibeberapa tempat dan lokasi yang sangat memungkinkan berjangkitnya penyakit. Nah untuk melakukan upaya pencegahan dini, maka kepada masyarakat, kami menghimbau, agar benar benar menerapkan pola hidup bersih dan sehat," ajaknya.

Ia menambahkan, diawali di SdN komplek ini, SdN 16,08 dan 02, dibeberapa Sd lainnya juga sudah melakukan hal yang sama. Maka, seandainya minimal di masing-masing sekolah ada program dokter kecil.

Insya Allah, pola hidup sehat dan bersih akan menjadikan masyarakat jauh dari penyakit-penyakit. Dan masyarakat kita juga akan sehat, khususnya di Kecamatan Padang Barat ini," pungkas Eri Senjaya.

Kordinator UKS Puskesma Padang Pasir Dwi Filiana berharap, anak-anak dokter kecil ini bisa menerapkan sekolah sehat mandiri disekolahnya. Jadi mereka bisa ber Perperilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dilingkungan sekolahnya maupun dirumah. 

"Kepada sekolah yang lain, kita juga nantinya akan memberikan pelatihan dokter kecil ini. Namun disesuaikan dengan jadwal dari kegiatan di puskesmas," pungkasnya. (Arman)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top