Suasana rapat koordinasi cheking terakhir persiapan MTQ ke 39 Lubuak Bagaluang

Padang - Walaupun dalam kemelut Virus Corona (Covid 19), Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-39 Tingkat Kecamatan Lubuak Bagaluang tetap dilaksanakan.

Hal ini disampaikan Camat Lubuak Bagaluang Wilman Muchtar pada saat rapat koordinasi dengan Panitia Pelaksana MTQ Kecamatan, Forkopimka Lubuak Bagaluang serta seluruh Lurah se Kecamatan Lubuak Bagaluang di Aula Kantor Camat Senin (23/3).

Usai rapat, Wilman Muchtar mengatakan, kegiatan ini merupakan cheking terakhir sebelum pelaksanaan MTQ ke 39 yang In shaa Allah akan digelar pada tanggal 25 Maret 2020. Kami memastikan kegiatan ini sesuai dengan jadwal, namun tetap dengan kesederhanaan. 

Ada beberapa kegiatan lomba yang sudah dijadwalkan, namun terpaksa dibatalkan. Seperti Pawai dan Gambus yang terlalu banyak menghadirkan orang.

"Kita hanya lebih pada acara seremoni, selasai pembukaan langsung selesai bubar dan malamnya dimulai dengan tilawah dewasa," ujarnya.

Wilman menyebutkan, alasan dari pembatalan kegiatan pawai dan gambus, mengacu pada himbauan pemerintah terkait masalah keramaian yang ada terkait virus corona. Tempat duduk akan atur dengan jarak 1 meter untuk sosial distancingnya. Kursi-kursi sebelum acara dimulai dilakukan penyemprotan disinfektan.

"Lokasi akan kita persiapkan sarana-prasarana, seperti air bersih yang dibantu PDAM. Juga petugas medis yang di stanbykan selama lomba dan juga alat medis pendukung lainnya, juga alat pengukur suhu dan toilet portebel (wc berjalan)," pungkasnya. 

Sementara, Kepala Puskesmas Parak Laweh Pulau Aia Nan XX dr. Syilvia Dewi A didampingi dr Nurhayati H mengatakan, kami sangat mendukung kegiatan ini. Meski sebenarnya dari Dinas Kesehatan Kota tidak menganjurkan adanya keramaian.

"Namun persiapan sudah jauh-jauh hari, maka kita sarankan kepada bapak Camat bahwa kegiatan ini tetap dilaksanakan, tapi dengan tidak banyaknya keramaian," ujarnya.

Disebut Dewi, dalam pelaksanaan ada Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) nya. Dan penempatan tenaga kesehatan dilokasi acara dengan penggiliran tugas 2 kecamatan yang ada di Lubuak Bagaluang

"Masker sebetulnya diminta oleh bapak Camat, namun ada keterbatasan pada pengadaan masker. Tapi kita akan usahakan meminta kepada Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang," pungkasnya.

Panitia tempat atau lokasi yang dikomandoi oleh Lurah Cangkeh Nan XX, Heppy Mirza menyampaikan bahwa kesiapan lokasi sudah oke dan sudah standby untuk pelaksanaan baik itu secara sarana maupun prasarana. 

Pendaftaran kafilah masih dibuka sampai batas waktu jam 12.00 wib siang (24/3), sampai saat berita ini ditayangkan sudah ada enam kelurahan yang mendaftar. Harapan dari panitia, semoga menjelang pukul 12.00 siang seluruh kelurahan ikut mendaftar," ujar Opriadi salah seorang panitia utusan dari KUA Lubuak Bagaluang. (Arman/AdeM)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top