Dewan Penasehat BMPN Pauh IX, Irwan Basir dibantu Ketua BMPN Pauh IX, M. Fikar pakaikan masker kepada seorang ibuk pengunjung Pasar Belimbing
Padang - Kegiatan aksi peduli sosial Badan Musyawarah Pembangunan Nagari (BMPN) Pauh IX Kecamatan Kuranji Kota Padang, dalam membagi-bagikan masker disambut antusias warga.

Buktinya, kegiatan sosial dalam rangka pencegahan bahaya virus corona (covid-19), yang berlangsung selama dua hari berturut-turut tersebut berjalan sukses.

Hari pertama, kegiatan yang dipusatkan depan Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX atau depan Mapolsek Kuranji, By Pass Padang, Sabtu (18/4), sempat membuat macet arus lalu-lintas. 

Sehingga, hanya dalam wakru 30 menit saja, sebanyak 3000 masker yang dibagi-bagikan pengurus BMPN Pauh IX dibantu sejumlah petugas kepolisian kepada pengendara itu, langsung ludes.

Begitu juga dihari kedua, Minggu (19/4), sebanyak 1500 masker kembali dibagi-bagikan kepada para pedagang dan pengunjung Pasar Belimbing Kelurahan Kuranji Kecamatan Kuranji, juga lenyap dalam sekejap.

"Sebagai Ketua BMPN Pauh IX, saya merasa puas melihat tingginya antusias masyarakat dalam menyambut acara spontanitas ini. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini bermanfaat bagi orang banyak," ungkap M Fikar Dt. Rajo Magek kepada wartawan usai acara.

Ikut hadir mendampingi turun ke lapangan, Ketua MPA (Majelis Pertimbangan Adat) KAN sekaligus Dewan Penasehat BMPN Pauh IX, Irwan Basir Dt. Rajo Alam, Ketua KAN Pauh IX, Suardi Dt. Rajo Bujang, Sekretaris BMPN, Kadril Rajo Darek, sejumlah pengurus BMPN dan puluhan wartawan.

Menurut Fikar, aksi sosial ini sengaja digelar sebagai wujud kepedulian BMPN Pauh IX terhadap masyarakat, khususnya di Kenagarian Pauh IX Kecamatan Kuranji.

Soalnya, sejak pemerintah mengeluarkan himbauan kepada masyarakat untuk diam di rumah masing-masing guna memutus mata rantai penyebaran covid-19 tersebut, banyak masyarakat yang menjerit karena berdampak pada ekonomi masyarakat secara umum.

"Akibatnya, masyarakat jadi kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Jangankan untuk membeli masker, untuk makan saja mereka susah. Makanya, kita coba membantu membagi-bagikan masker secara gratis," tutur Kepala SMP Muhammadiyah 7 Padang itu, prihatin.

Hal yang sama juga disampaikan Dewan Penasehat BMPN Pauh IX, Kecamatan Kuranji, Irwan Basir Dt. Rajo Alam.

"Jujur saja, apa yang dilakukan anak nagari yang tergabung di BMPN Pauh IX ini sudah benar dan sangat tepat. Sebab situasi daerah kita makin mengkhawatirkan setelah Kecamatan Kuranji termasuk zona merah di Kota Padang dalam kasus covid-19. Oleh sebab itu, perlu kepedulian masyarakat bersama-sama dalam mencegahnya," kata Irwan Basir mengingatkan.

Ditambahkannya, tanpa adanya kesadaran masyarakat untuk bersama-sama melakukan langkah antisipasi, maka wabah covid-19 ini sulit kita berantas dalam waktu singkat. Untuk itu, mari kita ikuti himbauan pemerintah demi kebaikan bersama," ajaknya.

Pada kesempatan itu, Ketua DPD LPM Kota Padang itu juga mendeklarasikan slogan atau yel, yel BMPN Pauh IX sebagai pembangkit semangat seluruh anggota BMPN dalam mengabdi kepada masyarakat.

"Kalau saya bilang siapa kita? Jawabannya BMPN. Kalau saya katakan BMPN, jawabannya Basamo Mambangun Nagari dan terakhir All your ready? Jawabnya Yes. Oke?," ucap Irwan Basir yang disambut oke oleh seluruh pengurus BMPN yang hadir pada kesempatan itu. (Noa)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top