Irwan Basir Datuk Rajo Alam ikut melakukan Gotong Royong

Padang - Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir Datuk Rajo Alam  memotivasi warga Blok A Perumnas Belimbing Kuranji melaksanakan gotong royong membersihkan lingkungan RT. 01 sampai RT.08 di RW.08, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sabtu (30/5).

Pantauan media di lapangan, atas kedatangan Irwan Basir Datuk Rajo Alam yang juga Ketua Penasehat BMPN Pauh IX Kuranji di sambut antusias warga setempat.

Dalam sambutannya Irwan Basir mengatakan, kegiatan gotong royong ini bagian program kegiatan Lembaga Perdayaan Masyarakat (LPM), dalam memberdayakan masyarakat, terutama membersihkan lingkungan kita sendiri.

"Kegiatan gotong royong ini semua warga harus meninggalkan status dan kasta masing-masing, menyingsingkan lengan baju untuk melaksanakan gotong royong. Sehingga kebersamaan dapat dipupuk dalam suasana gotong royong," ujarnya.

Disebut Irwan Basir, kita sangat mengapresiasi kekompakan masyarakat Delima Blok A dengan bergotong royong dalam menghadapi pandemi Covid-19. Masyarakatnya terus menggaungkan semangat gotong royong saat harus menghadapi wabah virus corona Covid-19.

"Semangat gotong royong telah banyak dilakukan salah satunya diwujudkan dalam bentuk aksi kepedulian dan solidaritas terhadap sesama, baik dalam rangka melawan Covid-19 maupun bersatu mengurangi beban perekonomian masyarakat," ungkapnya.

Kesempatan itu, Ketua BMPN Pauh IX Kuranji, M Fikar Datuk Rajo Magek mengatakan, kegiatan gotong royong ini sudah berlangsung selama 1 Minggu mulai dari tanggal 25 hingga 31 Mai di Perumnas Belimbing, Blok A. 

"Bahwa kunci dari pengendalian wabah virus corona (Covid-19) adalah kedisiplinan dan gotong royong dari seluruh elemen masyarakat untuk melakukan upaya-upaya pencegahan," ujar Fikar.

Disebut pria yang akrab disapa Datuk Rajo Magek ini, disiplin yang kuat mematuhi peraturan dan semangat gotong rotong untuk saling membantu. Hal ini harus dilaksanakan secara bersama-sama secara terus menerus dan tidak boleh terputus.

"Kegiatan ini bagian dari program LPM dalam memberdayakan masyarakat dalam menciptakan kebersihan lingkungan dan juga ada  senilai Rp 500 ribu untuk memotivasi warga melaksanakan gotong royong," ujar Fikar.

Penutup kata, M Fikar berharap rasa kemanusiaan dan gotong royong turut ditunjukkan dengan terus membantu, tidak mengucilkan dan tidak memberikan stigma negatif terhadap tetangga yang terpapar covid-19.

Ketua RW.08 Kadril Rajo Darek mengatakan, pengawasan ketat di setiap RT. 01 sampai RT. 08 di RW. 08 mampu memutuskan mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19. Perumahan Delima, Belimbing harus mampu memanfaatkan organisasi pemerintahan yang bagus ini untuk mencegah penularan masif.

"Organisasi yang juga menjangkau setiap RT adalah Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Sedang di level warga dan kelurahan ada berbagai organisasi yang bisa dikerahkan untuk memerangi wabah virus corona (Covid-19)," katanya.

Dikesempatan itu, Kadril Rajo Darek yang juga Sekretaris BMPN Pauh IX Kuranji mengucapkan terimakasih kepada Bapak Irwan Basir dan M Fikar atas kehadiran serta kepeduliannya membantu dalam kegiatan gotong royong bersama warga Delima, Blok A, Perumnas Belimbing. 

Sumber ** Humas LPM Kota Padang

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top