Corona Virus yang terlihat pada zoom terkecil

Limapuluh Kota - Tim gugus tugas percepatan pencegahan Covid-19 Kabupaten Limapuluh Kota mengkonfirmasi penambahan 3 kasus positif virus covid-19 di Kabupaten Limapuluh Kota yang saat ini tercatat 5 orang positif yang terjangkit virus dari Negeri China tersebut. 

Penambahan kasus positif tersebut disampaikan langsung oleh Juru bicara gugus tugas Limapuluh Kota yang juga merupakan Kepala Dinas Kominfo Limapuluh Kota, Ferry Copa melalui pesan broadcast di aplikasi Whatsapp, kepada awak media, Senin (11/5). 

Dalam penyampaiannya, Ferry Copa mengatakan dari 3 penambahan kasus positif tersebut 2 diantaranya merupakan pemindahan kasus dari Kota Payakumbuh. 

Hal ini disebabkan adanya klarifikasi dari data Kota Payakumbuh dan konfirmasi data dari Provinsi Sumatera Barat yang mengatakan 2 pasien positif di Kota Payakumbuh tersebut merupakan warga Kabupaten Limapuluh Kota. 

"Jadi dari update data tersebut dua pasien di Kota Payakumbuh tersebut otomatis masuk dalam data kasus Positif di Kabupaten Limapuluh Kota dan satu kasus positif lagi terjadi di Nagari Taeh Baruah," ujarnya.

Ia mengatakan, adapun inisial 3 orang tersebut adalah DY Laki-laki (22 tahun) alamat Nagari Taeh Baruah, karyawan toko di Kota Payakumbuh, terinfeksi dari pasien konfirmasi positif di Kota Payakumbuh. Saat ini pasien yang bersangkutan sudah dikarantina BPSDM Padang Besi. 

"Selanjutnya IDR Laki-laki (28 tahun) alamat Tanjung Jati, Kecamatan Guguak, juga merupakan karyawan toko di Payakumbuh yang sehari-hari menetap di Kota Payakumbuh, dalam tiga bulan terakhir ia tidak pernah pulang ke Limapuluh Kota. Saat ini yang bersangkutan juga telah di isolasi di BPSDM Padang Besi," sambungnya.

Adapun pasien positif selanjutnya ialah AMN (68) yang sehari-hari berprofesi sebagai tukang ojek, beralamat di Batang Tabik, pasien ini tidak memiliki identitas legal yang jelas. Namun dari Informasi pemerintah Kota Payakumbuh pasien positif ini sehari menetap dirumah anaknya di Kota Payakumbuh, saat ini dirawat di rumah sakit Achmad Mochtar, Bukittinggi. 

Ferry Copa juga mengatakan, saat ini Tim gugus tugas Limapuluh Kota telah melakukan upaya-upaya gerak cepat untuk mencegah penyebaran virus covid-19 ini di Luak Nan Bungsu. 

"Saat ini tim terus melakukan tracking perjalanan maupun riwayat kontak dari 5 orang positif di Kabupaten Limapuluh Kota dan telah mengambil sampel swab pada beberapa orang yang merupakan kontak erat dengan pasien positif tersebut," tukasnya. 

Selain itu, Tim Gugus Tugas Limapuluh Kota yang juga bekerjasama dengan berbagai unsur telah melakukan upaya penyemprotan disinfektan di lokasi-lokasi pasien positif di Limapuluh Kota tersebut menetap, seperti di Manggilang, Taeh Baruah, Guguak VIII Koto. 

Ia juga melaporkan dalam 3 hari terakhir Dinas Kesehatan Limapuluh Kota juga telah mengirimkan sebanyak 40 sampel swab ke laboratorium Universitas Andalas guna untuk dilakukan pemeriksaan. 

"Terkait pemeriksaan dan pengambilan sampel swab Dinas Kesehatan kita juga telah melakukan pelatihan kepada 12 tenaga medis, analisis pemeriksa swab di Kabupaten Limapuluh Kota," terangnya. 

Diakhir keterangannya tersebut, Ferry Copa selaku juru bicara Gugus Tugas Limapuluh Kota menghimbau masyarakat di Limapuluh Kota untuk terus disiplin dan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh Pemerintah. 

"Mari kita laksanakan PSBB jilid II ini dengan disiplin dan menjalankan pola hidup sehat dengan rajin mencuci tangan, menggunakan masker dan tetap dirumah bila tidak ada keperluan keluar. Mohon kita kepada Allah SWT semoga Pandemi ini segera berakhir di Negeri kita," pungkasnya. (Her)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top