5 Kali, Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, Yusnadewi menyerahkan LHP atas LKPD Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2019 kepada Bupati Irfendi Arbi di Padang

Limapuluh Kota - Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota kembali sukses mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sumatera Barat. 

Lebih membanggakan lagi, predikat tersebut merupakan pencapaian yang ke-lima kalinya secara berturut-turut diterima Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi. Dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD tahun 2019 itu, disampaikan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Barat Yusnadewi, SE, M.Si, Ak., CSFA, Jumat (19/6) di aula Kantor BPK RI Perwakilan Sumatera Barat di Padang

"Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota Tahun 2019, termasuk implementasi atas rencana aksi yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah tersebut di atas, maka BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota Tahun 2019," ungkap Yusnadewi.

Dengan demikian, lanjut Yusnadewi, Pemkab Limapuluh Kota telah berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian selama lima kali berturut turut. Hal tersebut menunjukkan komitmen DPRD dan manajemen Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota untuk terus mendorong perbaikan pengelolaan keuangan dengan menjalankan dan menerapkan praktik-praktik pengelolaan keuangan yang baik.

Bupati Irfendi Arbi kepada wartawan, mengaku sangat bersyukur dan gembira atas perolehan opini WTP ke lima kalinya itu. Menurutnya, prestasi ini diraih berkat kinerja yang baik dari seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Limapuluh Kota.
Photo bersama usai penyerahan LHP 

"Alhamdulillah, kita kembali mendapatkan opini WTP untuk ke lima kalinya. Ini semua berkat kerja keras semua pihak pada jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Limapuluh Kota," tutur Bupati Irfendi Arbi sembari mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak, termasuk jajaran BPK.

Disebutnya, keberhasilan mempertahankan opini ini merupakan wujud komitmen Pemkab Limapuluh Kota dalam menyelenggarakan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel. Diharapkan, raihan WTP ke lima ini menjadi motivasi bagi jajarannya untuk meningkatkan kinerja dan senantiasa mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang trasparan dan akuntabel.

"Ini harus menjadi pelecut agar kita bisa mempertahankan dan meningkatkan kinerja pada tahun-tahun berikutnya serta mewujudkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah," ujarnya.

Sejumlah pihak mengapresiasi hasil penilaian tata kelola dan pengelolaan keuangan negara secara baik tersebut. Mereka menyebut, dengan diraihnya kembali WTP pada tahun ini, berarti selama kepemimpinan Bupati Irfendi Arbi, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota tidak pernah absen mendapatkan pencapaian bergengsi tersebut.

“Kita mengapresiasi Bupati Irfendi Arbi beserta seluruh jajarannya yang sukses mempertahankan opini WTP ini untuk ke lima kalinya. Dan berterimakasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota yang telah melaksanakan tertib administrasi dan keuangan tentang pelaksanaan kegiatan tahun 2019,” ujar Ketua DPRD Deni Asra usai mengikuti acara.
Bupati Irfendi Arbi menandatangi LHP

Juga dalam kesempatan tersebut, Deni berharap, capaian itu terus dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi ke depannya. Selain itu, Pemkab diminta untuk segera menindaklanjuti semua catatan BPK dalam hasil pemeriksaan tersebut.

Terpisah, Ketua LKAAM Kabupaten Limapuluh Kota Efianto Nawi Dt Tumbi juga turut mengucapkan selamat atas prestasi yang ditorehkan Pemkab Limapuluh Kota itu. Ia menilai, perolehan WTP itu jelas tidak terlepas dari kegigihan Bupati dan jajarannya untuk melaksanakan pengelolaan dan tanggungjawab keuangan daerah secara tertib, transparan dan akuntabel.

“Luar biasa, Pemkab Limapuluh Kota kembali sukses mendapatkan prestasi WTP. Perolehan predikat ini patut diacungi jempol," ujar Datuk Tumbi.

Tanggapan serupa juga disampaikan salah seorang tokoh perantau yang juga pengurus harian Gonjong Limo Bandung Muhammas Aziz. Ia mengaku gembira Pemkab Limapuluh Kota kembali mendapatkan rahmad Tuhan YME berupa WTP ke 5 kalinya.

"Hebat, kami perantau mengucapkan selamat dan mengapresiasi kepada Bupati Irfendi Arbi beserta jajarannya yang telah mampu mempertahankan opini WTP 5 kali berturut-turut. Semoga daerah kita semakin baik ke depannya," tutur Muhammad Aziz sembari mengucapkan terimakasih kepada Bupati Irfendi Arbi atas perolehan WTP tersebut.
Photo bersama usai menerima LHP

Ia mengaku senang daerah ini terus mendulang berprestasi dan memberikan yang terbaik bagi kemajuan masyarakat dan daerah Kabupaten Limapuluh Kota. 

Tak beda dengan apresiasi dangan yang lain, Wali Nagari Taram Defrianto Ifkar, S.Si harapkan ini jadi momentum untuk terus berbenah dan lebih baik lagi ke depannya. "Luar biasa, Limapuluh Kota kembali membawa pulang opini WTP. Ini tentunya buah dari hasil kerja yang luar biasa dari bupati beserta jajarannya,” tutur Defrianto.

Ia berharap, opini yang diberikan BPK itu bisa memberikan dorongan semangat dan motivasi bagi Pemkab Limapuluh Kota untuk terus memperbaiki pertanggungjawaban pelaksanaan APBD-nya pada tahun-tahun berikutnya.

Terpisah Kepala Badan Keuangan Kabupaten Limapuluh Kota Irwandi, S.Sos, MM dan Plt Inspektur Kabupaten Limapuluh Kota Suherman, SE mengatakan, dengan pencapaian WTP secara 5 kali berturur-turut tersebut.

"Pemkab Limapuluh Kota diharapkan akan mendapatkan reward dan penghargaan dari pemerintah pusat. Dengan pencapaian 5 kali berturut-turut tersebut Insya Allah kita akan memperoleh reward," ujar Irwandi dan Suherman. (Her)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top