Wako Mahyeldi membuka seleksi Paskibraka tingkat Kota Padang

Padang - Sebanyak 220 calon anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Padang mulai mengikuti seleksi hari ini, (Rabu (24/6 -red). Seleksi ini dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan dalam masa pola hidup baru pandemi Covid-19.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah saat membuka seleksi Paskibraka ini mengatakan, pelaksanaan seleksi Paskibraka salah satu upaya pembinaan generasi bangsa. Dengan seleksi ini mereka mendapatkan pembekalan cinta tanah air dan semangat bela negara. Membangun bangsa ini perlu kekuatan fisik dan mental.

“Pelaksanaan seleksi Paskibraka dan lomba tata upacara bendera menjadi bekal bagi generasi muda untuk menumbuhkan semangat cinta tanah air dan bela negara,” kata Wako Mahyeldi didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Mursalim.

Selanjutnya, Mahyeldi mengatakan, di masa pandemi covid-19, kegiatan pembinaan generasi muda diakui sangat minim. Momen seleksi ini bisa menjadi peluang penanaman nilai – nilai bela negara dan cinta tanah air.

“Ini momennya kita menanamkan semangat cinta tanah air dan bela negara karena selama pandemi minim kegiatan seperti sekarang,” ujarnya.

Mahyeldi juga mengapresiasi Kadispora yang menginisiasi penanaman pohon cengkeh di lingkungan kantornya. Hal itu suatu langkah penghijauan dan pemanfaatan lahan kosong.

“Di sela kegiatan dilakukan penanaman pohon. Ini perlu digencarkan agar diikuti instansi lain,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dispora Mursalim mengatakan, pelaksanaan seleksi dimulai hari ini sampai 27 Juni 2020 nanti. Peserta seleksi kali ini ada 220, berasal dari siswa tingkat SLTA se Kota Padang yang masih duduk dikelas XI. Peserta laki-laki terdiri sebanyak 116, sedangkan peserta perempuan 104 orang.

"Dan partisipasi sekolah yang ikut sebanyak 30 sekolah dengan rincian SMA Negeri sebanyak 18 sekolah, Swasta 4 sekolah, SMK Negeri 4 sekolah, dan SMK swasta sebanyak 4 sekolah. Dalam empat hari ini diharapkan selesai," kata Mursalim. (Hms)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top