Wako Riza Falepi saat peletakan batu pertama pembangunan Kampus IV Universitas Muhammadiyah Sumateta Barat

Payakumbuh - Terus mendukung kemajuan dunia pendidikan di Kota Payakumbuh, Walikota Payakumbuh Riza Falepi kembali letakkan batu pertama pembangunan Kampus IV Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) di Kelurahan Bulakan Balai Kandi, Senin (8/6).

"Pemko Payakumbuh sangat mengapresiasi sekali langkah yang diambil UMSB untuk mendirikan kampus di Payakumbuh, kedepannya diharapkan di kampus ini akan menarik minat banyak warga Payakumbuh untuk melanjutkan pendidikannya," kata Wako Riza Falepi.

Disebut Wako, dengan banyaknya warga Payakumbuh yang berkuliah di Universitas yang ada di Kota Payakumbuh. Nantinya, akan mempermudah pemerintah untuk menyediakan beasiswa bagi warga Payakumbuh yang kurang mampu.

"Harapan kita nantinya tidak ada lagi warga Payakumbuh yang tidak mengenyam jenjang perkuliahan, karena kita komit, pendidikan itu prioritas utama dan kita juga menginginkan pihak universitas menyediakan satu kelas beasiswa yang akan dibatu oleh pemerintah," ucap Walikota dua periode tersebut.

Tidak hanya itu, menurut Riza, dengan berkembangnya universitas-universitas di Payakumbuh dapat membuat kerja sama antara Pemkot dengan universitas berjalan lebih baik.

"Contohnya itu riset, jadi kita dari Pemkot bisa bekerja sama terkait ini, karena riset ini juga penting untuk kota Payakumbuh," ujar Riza.

Sementara itu Rektor UMSB Riki Saputra mengucapkan terimakasih kepada Pemko Payakumbuh atas bantuan dana Hibah sebesar 1,5 milyar rupiah yang telah diberikan, karena nantinya bisa mengembangkan pendidikan di kampus IV UMSB Payakumbuh.

"Kami berencana akan menambah dua fakultas lagi di sini, yakni fakultas pascasarjana pertanian dan fakultas kedokteran. Ini target kami dalam tujuh tahun ke depan," ujarnya.

Yang terdekat, kata dia, pihaknya akan membangun rumah sakit sebagai syarat untuk mendirikan fakultas kedokteran.

"Kampus pertanian yang dari hibah ini akan selesai nanti di September 2020. Nanti di 2021 akan di dirikan rumah sakit dan baru dilanjutkan dengan fakultas kedokteran," pungkasnya. (Her)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top