Pengurus FKAN Pauh IX Kuranji datangi rumah warga terendam banjir sekaligus memberilan bantuan

Padang - Akibat hujan deras yang mengguyur Kota Padang Sumatera Barat, Rabu (8/7) terjadi luapan air dan merendam sejumlah titik di Kota Padang. Selain jalanan, kawasan pertanian hingga pemukiman warga terendam air setinggi betis hingga pinggang orang dewasa.

Tanggap bencana, Rescue FKAN Pauh IX Kuranji di bawah naungan Pimpinan Ketua Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX Kuranji Evi Yandri Rajo Budiman menyusur rumah warga yang rumahnya terendam banjir.

Zainatul Kadri selaku Ketua Rescue FKAN PAUH IX, Kecamatan Kuranji mengatakan, ada sebanyak 20 rumah yang terendam banjir, ketinggian air tidak merata dengan kapasitas debit air 1 meter hingga sampai 1,4 meter. 

"Sehingga terjadi luapan air sungai, kemungkinan lainnya akibat tata aliran air dan saluran drainase yang masih kurang bagus," katanya.

Selain itu, disebut Zainatul Kadri, toko-toko dan bangunan yang berada di bypass depan SPBU Kayu Gadang juga penyebab, karena air terhalang toko, sehingga air sungai meluap ke pemukiman warga di kayu gadang.

"Saat ini kita lakukan hanya memberikan bantuan makan siap saji dan langkah ke depan kita upayakan memperbaiki aliran drainase," tuturnya.

Sementara itu, Marjoni warga RT.01 mengatakan, ada sebanyak 200 Kepala Keluarga (KK) dan RT.03 ada sebanyak 300 Kepala Keluarga (KK) untuk daerah kawasan Kayu Gadang.

Marjoni mengaku kerugiannya secara pribadi, kulkas rusak parah, TV, perabot dan motor juga rusak dengan total kerugian mencapai Rp 30 juta. (DP)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top