Suasana Rapat Paripurna Sidang Istimewa DPRD Kota Padang dalam rangka mendengakan Pidato Kenegaraan Presiden RI, Joko Widodo

Padang - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang gelar rapat paripurna dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo pada Sidang Tahunan Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) RI dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke -75 Kemerdekaan RI Tahun 2020, Jum’at (14/8).

Rapat paripurna tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Syafrial Kani, Wakil Ketua DPRD (Arnedi Yarmen dan Ilham Maulana) serta para anggota DPRD Kota Padang dan Sekwan DPRD Kota Padang, Hendrizal Azhar.

Dari pihak eksekutif hadir Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, Wawako Padang Hendri Septa, Sekretaris Daerah (Sekda) Amasrul dan seluruh perwakilan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta Camat di lingkungan Pemerintah Kota Padang.

Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia pada Sidang Tahunan MPR RI dalam rangka peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI ini dilakukan secara virtual (online) dan dipancarkan menggunakan layar LCD di ruang rapat paripurna DPRD Kota Padang.

Kegiatan ini diawali dengan Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2020 dalam rangka peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI dipimpin oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Kemudian dilanjutkan dengan Sidang Bersama DPR-DPD RI yang dipimpin oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Forkopimda Padang juga menyaksikan Sidang Tahunan MPRI RI mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI tersebut secara seksama mulai dari awal hingga akhir.

Dalam Pidato Kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokowi) disebutkan target Indonesia saat ini tidak hanya saja sebatas keluar dari Pandemi COVID-19. Lebih jauh, Indonesia harus terus maju bahkan sambil memanfaatkan krisis yang tengah melanda negara ini.

“Target kita saat ini bukan hanya lepas dari pandemi, bukan hanya keluar dari krisis. Langkah kita adalah melakukan lompatan besar memanfaatkan momentum krisis yang saat ini sedang terjadi,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, Indonesia masih memiliki 25 tahun lagi untuk menyiapkan seabad Indonesia merdeka. “Krisis memberikan momentum bagi kita untuk mengejar ketertinggalan dan untuk melakukan transformasi besar dengan melaksanakan strategi besar,” tegasnya.

Jokowi mengajak seluruh masyarakat untuk memecahkan masalah fundamental yang kerap dihadapi. Lompatan besar untuk kemajuan yang signifikan harus dilakukan agar cita-cita Indonesia dapat tercapai. “Kita harus bajak momentum krisis ini. Kita harus serentak dan serempak memanfaatkan momentum ini,” pungkasnya.

Rapat paripurna DPRD Kota Padang  selanjutnya dilakukan pada pukul 14.00 WIB untuk mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka penyampaian penjelasan pemerintah soal Rancangan Undang-undang (RUU) APBN dan Nota Keuangan 2021 dalam sidang paripurna DPR RI. (NN)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top