Photo bersama Tokoh Kuranji usai penyerahan Piagam Juara 1 Kampung Tangguh/Tageh Rumah Gadang oleh Kapolda Sumbar melalui Kapolsek Kuranji

Padang - Warga Blok A Delima Perumnas Belimbing Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang syukuran usai menjadi juara 1 sebagai Kampung Tangguh/ Tageh Rumah Gadang dalam menanganan Covid-19, Minggu (23/8) malam.

Kesempatan itu, Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir Datuk Rajo Alam mengucapkan syukur, atas perolehan Juara 1 yang telah diterima warga Blok A Delima Perumnas Belimbing sebagai Kampung Tangguh/Tageh Rumah Gadang 2020.

"Ini menandakan adanya satu kolaborasi yang kuat sebagai dasar pondasi dari pada masyarakat bersama stakeholder yang ada, baik dari perintah dan masyarakat itu sendiri," katanya.

Ketua MPA KAN Kuranji yang juga Pembina Kampung Tangguh/Tageh Rumah Gadang Blok A Delima RW 8 Perumnas Belimbing menyebut, kalau ini sudah menjadi suatu kekuatan, maka akan melahirkan ide-ide yang brilian kedepannya.

Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir Datuk Rajo Alam saat memberikan kata sambuatan 

"Tapi tantangan lebih besar kedepannya adalah bagaimana mempertahankan ini semua. Sebagai daerah yang akan menjadi percontohan bagi daerah lain, khusus di Kecamatan Kuranji ini," ujar Irwan Basir.

Diharapkannya, ini tidak hanya tingkat kota, tapi bagaimana Kampung Tangguh/ Tageh Rumah Gadang Blok A Delima RW 08 Perumnas Belimbing bisa juara ditingkat Provinsi hingga Tingkat Nasional. Selalu tetap Saciok Bak Ayam Sadanciang Bak Basi (Seiya Sekata Dalam Suatu Pendapat), tanpa adanya suatu rasa kekurangan.

Anggota DPRD Kota Padang, Zulhardi mengucapkan selamat kepada warga RW 08 Blok A Delima Perumnas Belimbing yang sudah meraih juara 1 Kampung Tangguh/Tageh Rumah Gadang.

Ia berharap, kedepannya Blok A Delima bisa mempertahankan juara jika perlombaan Kampung Tangguh/Tageh Rumah Gadang sampai ke tingkat nasional.

Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir Datuk Rajo Alam memberikan bantuan untuk penambahan biaya syukuran Kampung Tangguh Blok A Delima

"Melihat kondisi Blok A Delima RW 08 saat ini, kita merasa seperti berada di luar negeri, suasananya seperti berada di Kota Hongkong. Ini kita apresiasi, warga blok A RW 08 Delima begitu antuas dan ini perlu dicontoh oleh RW lainnya," puji Zulhardi, Anggota DPRD 2 periode Dapil II Kuranji Pauh ini.

Kesempatan itu, Camat Kuranji Eka Putra Bahari mengatakan, Kampung Tangguh/Tageh Rumah Gadang Blok A Delima merupakan pilot project Kampung Tangguh di Kota Padang.

"Harapan kita, bagaimana ini dapat dipertahankan dari apa yang menjadi keunggulan Kampung Tangguh/Tageh Rumah Gadang ini. Baik tageh dalam bentuk ketahanan pangannya, keamanannya dan juga kesehatannya," sebut Eka.

Ia menambahkan, ini harus dikembangkan di seluruh kecamatan yang ada di Kota Padang, khususnya di Kecamatan Kuranji. Kedepannya, ini akan disinergikan dengan kongsi covid yang telah dicanangkan pemerintah, bagaimana nantinya ekonomi masyarakat tetap hidup walau didalam masa pandemi.

Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir Datuk Rajo Alam bersama Camat Kuranji dan Kapolsek Kuranji, Kompol Armijon

"Kami juga berharap kepada masyarakat untuk selalu memenuhi protokol kesehatan covid-19, baik yang datang maupun yang keluar daerah. Jangan lupa memakai masker dan mencuci tangan," ajak Camat.

Tokoh Masyarakat Blok A Delima, sekaligus Ketua BMPN Pauh IX, M. Fikar Datuk Rajo Magek menyampaikan, terpilihnya Blok A Delima sebagai Kampung Tangguh/Tageh Rumah Gadang atas dasar kebersamaan warga, seperti Saciok Bak Ayam, Sadanciang Bak Basi, (Seiya Sekata Dalam Suatu Pendapat).

"Sehingga dengan kebersamaan tersebut, Blok A Delima Perumnas Belimbing bisa meraih juara 1 di tingkat Kota Padang sebagai Kampung Tangguh/Tageh Rumah Gadang.

Bagaimana blok A Delima dalam penanganan covid untuk menciptakan sebagai Kampung Tangguh/Tageh Rimah Gadang. Bagaimana keamanan covidnya, sehingga masyarakat yang masuk ke Blok A Delima ini kita cek seluruhnya.

"Dalam hal kondisi kesehatan, kalau ada warga kita yang terpapar, maka kita ada tempat isolasinya dan kalau ada warga yang baru datang dari luar, kita sudah siapkan tempat isolasi mandiri dengan peralatan yang lengkap," pungkas M. Fikar.

Ketua BMPN Pauh IX Kuranji, M. Fikar Datuk Rajo Magek saat memberikan kata sambutan di acara syukuran warga Blok A Delima Perumnas Belimbing

Kesempatan itu, RW 08 Blok A Delima Kadril Rajo Darek mengapresiasi kinerja dari rt-rt dan seluruh warga dilingkungan RW 08 yang sudah berjibaku, bekerja bersama-sama dalam menyikapi perlombaan Kampung Tangguh/Tageh Rumah Gadang.

"Alhamdulillah kita telah dilewakan sebagai juara 1 tingkat Kota Padang dan itu berkat kerja sama seluruh elemen masyarakat yang mau berjibaku dalam memberikan hal terbaik," pungkas Kadril.

Ketua Kampung Tangguh/Tageh Rumah Gadang Blok A Delima, Sudirman mengatakan, ini merupakan kebersamaan, meski hiterogen, disini tidak ada memandang perbedaan, yang ada hanya rasa bersaudara.

"Bagi kami, tetangga adalah saudara paling dekat. Maka, dari kebersamaan ini kita dapat melihat hasilnya, Blok A Delima RW 08 menjadi juara Kampung Tangguh/Tageh Rumah Gadang di tingkat Kota Padang," pungkasnya.

Hadir dalam acara Syukuran juara 1 Kampung Tangguh, Ketua MPA KAN Kuranji, Irwan Basir Datuk Rajo Alam, Anggota DPRD Kota Padang, Zulhardi Z Latif, Camat Kuranji Eka Putra Buhari, Kapolsek Kuranji Armijon, Ketua BMPN Pauh IX Kuranji, M. Fikar Datuk Rajo Magek, Lurah Kuranji, Efendi Garda serta unsur tokoh masyarakat blok A Delima Perumnas Belimbing. (Arman)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top