Ketua BMPN Pauh IX Kuranji, M. Fikar Datuk Rajo Magek dalam sambutan Pergelaran Karya Produk Ekonomi Kreatif 2020

Padang - Pergelaran budaya dan ekonomi kreatif salah satu cara untuk membangkitkan gairah perekonomian masyarakat dimasa pandemi. Disamping menumbuhkan pemikir- pemikir seni kreatif, meningkatkan, melestarikan dan menanamkan nilai-nilai adat dan budaya menuju masyarakat yang lebih produktif.

Hal itu disampaikan Ketua BNPM Pauh IX Kuranji, M. Fikar Dt. Rajo Magek dalam sambutannya pada Pagelaran Karya Produk Ekonomi Kreatif 2020 yang diselenggarakan di galanggang medan nan bapaneh KAN Kuranji, Senin (3/8)

Dikatakan Rajo Magek, membangun ekonomi kreatif di tengah pandemi, melalui nilai adat dan budaya ini. Apalagi, di Kuranji yang kental dengan adat dan budayanya.

"Selain membangkitkan nilai adat dan budaya kepada generasi muda millenial. Juga membangkitkan aura perekonomian masyarakat. Sebut saja, di Kantor KAN ada wisata kulinernya, meningkatkan kreatifitas inovasi bagi generasi muda," katanya.

Ketua BMPN Pauh IX Kuranji, M. Fikar Datuk Rajo Magek  bersama Lurah Jati Baru, Syafrizal Baron 

Hal terpenting, tegas M. Fikar bagaimana kita bisa mewarisi warisan leluhur serta kearifan lokal. Nah, dengan pagelaran seni sebagai bentuk karya untuk membangun ekonomi kreatif masyarakat Sumbar dan Padang khususnya.

Masa pandemi selama 3 bulan ini telah meluluh lantakkan ekonomi masyarakat kita. Tentunya, dengan diadakan pagelaran selama tiga bulan kedepan akan mendatangkan banyak pengunjung, maka akan terjadinya transaksi ekonomi disini," ungkapnya.

Dilanjut M. Fikar, pagelaran seni ini menyajikan penampilan kesenian tradisional dan kreasi dari Sanggar-sanggar Kesenian di Sumatera Barat. Yang menarik adalah pelaksanaannya akan digelar setiap akhir pekan hingga bulan Oktober 2020 mendatang.

"Sehingga dipastikan akan menambah semarak suasana pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Sumatera Barat pasca pandemi covid-19. Sebagai anak nagari Pauh IX Kuranji, kami merasa bangga atas kesiapan panitia melaksanakan acara sangat memperhatikan protokol kesehatan yang aman Covid- 19," pungkasnya. (Hri)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top